Kamis, 03 Mei 2012

ULANGAN HARIAN



1.        (1) Kapal   pesiar   adalah  perahu            layar atau kapal  kecil  yang  sangat baik digunakan untuk rekreasi pada       waktu luang. (2) Pada umumnya  kapal pesiar ada dua macam, yaitu kapal yang tidak menggunakan mesin dan kapal yang menggunakan mesin (3) Kapal   layar  bermesin  yang lebih  terkenal dengan sebutan kapal layar pesiar baik juga untuk sarana rekreasi. (4) Kapal layar pesiar biasanya digunakan oleh orang – orang kaya untuk berpesiar Kalimat  berisi   fakta    pada   paragraf tersebut ditandai dengan nomor….
 a. (1)             b. (2)          c. . (3)                  d. (4)

2. (1) Akhir - akhir     ini     kita      sering  menyaksikan berbagai unjuk  rasa lewat layar kaca. (2) Akibatnya   di  berbagai  kota yang  dijadikan   ajang    berunjuk    rasa terganggu        kelancaran        lalu lintasnya (3) Penyebab    unjuk    rasa itu sangat    kompleks. (4) Jika   unjuk   rasa   terus - menerus  terjadi  niscaya stabilitas kemanan, yang   sangat   didambakan   setiap  orang       akan      semakin      tidak menentu. Kalimat yang berupa pendapat pada paragraf di atas adalah nomor….
        a.  (1)        b.  (2)     c.  (3)    d.  (4)     e. 1 dan 2

3. Entah berapa kali sudah Darmayanti mengepalkan kedua tangannya. Bibirnya beberapa kali dikatupkannya untuk menahan air mata yang sebentar – bentar hendak keluar. Ia mencoba untuk melupakan kemalangan yang sedang menimpa dirinya, tetapi tidak berhasil. Ia kecewa dan sedih berkepanjangan sehingga menyesakkan dadanya
        Gagasan pokok bacaan tersebut adalah…
        a.        pengepalan tangan Damayanti                    b.             menahan air mata
        c.         melupakan kemalangan              
        d.       kekecewaan  Damayanti              
        e.       sedih berkepanjangan

4. (1) Sidang       pleno      yang     lalu  berlangsung alot dan memanas. (2) Pernyataan    wakil   Ketua  KPU,  Adnan Buyung Nasution, yang dikutip pers sebaiknya anggota KPU  yang  tidak menerima hasil pemilu  mengundurkan  diri menyulut konflik. (3) Mereka saling menyalahkan  antar  anggota KPU. (4) Mereka belum bersepakat.
Kalimat    yang   menyatakan “pendapat” dalam paragraf tersebut ditandai dengan nomor….
a. (1)              b. (2)       c. (3)                       d. (4)

5.      (1)      Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso menargetkan pertumbuhan ekonomi pada 2007 sebesar 6,6 %
            (2)   Ia optimis target itu bisa dicapai karena ada pembangunan skala besar di Jakarta
            (3)   “Kondisi ekonomi dari sisi makro saat ini membaik
            (4)   Inflasi 2006 mencapai 9,9 %, 2005 mencapai 46,06 %
            (5)   Jadi, pada 2007 pertumbuhan ekonomi bisa mencapai target 6,6 % “ kata Sutiyoso kepada wartawan.
            Kalimat fakta pada bacaan tersebut ditandai dengan nomor ...
    a. (1) dan (3)    b. (1) dan (4)      c.(2) dan (3)
d.(2) dan (4)           e.   (2) dan (5).

6. (1) Pada hari Rabu (20/12) Ronaldinho kembali menangis saat berada di Porto  Alegro, tempat kelahirannya, 21 Maret 1980. (2) ” Ini peristiwa paling emosional dalam hidup saya,” ujarnya. (3) ”Saya selalu bermimpi kejadiaan ini dan akhirnya menjadi kenyataan. (4) Ini merupakan gol terbaik yang pernah saya lakukan, ” ujar pemain Barcelona tersebut. (5) Pemain Barcelona itu, memang telah dua kali meraih Pemain Terbaik Dunia (tahun 2004 dan 2005)
      Pernyataan yang merupakan fakta pada teks tersebut ditandai nomor ...
      a.   1 dan 4                        b.1 dan 3         c. 2 dan 3         d. 1 dan 5        e. 2 dan 4

7. (1) Di dalam sebuah warung, terlihat lima orang sedang duduk berdekatan. (2) Mereka seolah – olah membicarakan sesuatu yang sangat rahasia. (3) Rasanya ada yang tidak beres dengan gelagat mereka. (4) Kira-kira apa yang dibicarakannya? (5) Mereka tampak mencurigakan.
        Kalimat yang berupa fakta ditandai dengan nomor ...
        a.     1              b. 2         c. 3          d. 4         e.5

8. (1) Semburan awan panas menghanguskan pepohonan di lereng Gunung Merapi. (2) Bagi masyarakat sekitar gunung itu, fenomene tersebut tak akan mungkin dapat mengubah pola pikir warga untuk meninggalkan desanya. (3) Pengamat seismograf memaparkan bahwa pada hari itu tercatat 15 kali gempa susulan. (4) Kita semua prihatin dengan nasib warga di daearh berbahaya tersebut. (5) Kita harus berupaya membentu mereka.
      Kalimat fakta pada paragraf tersebut ditandai dengan nomor ...
      a.   1 , 2     b. 1 , 3 c. 2 , 4 d. 2 , 3 e. 1 , 5

9. Monpera atau Monumen Perjuangan Rakyat merupakan salah satu bangunan kebanggaan warga Palembang. Betapa tidak ? Monumen yang memanjang patung burung garuda di dinding depannya ini dibangun untuk mengenang perjuangan rakyat Sumatera Selatan, melawan penjajah pada masa revolusi fisik yang dikenal dengan Pertempuran Lima Hari Lima Malam. Disinilah basis para pejuang menggalang kekuatan dalam pertempuran melawan penjajah Belanda.
      Gagasan pokok paragraf tersebut adalah ...
      a.   pemajangan patung garuda pada Monumen
      b.   bangunan kebanggaan warga Palembang
      c.   perjuangan rakyat Sumatera Selatan
      d.   Penggalangan rakyat Palembang
      e.   Pertempuran 5 Hari 5 Malam

10. Beberapa waktu yang lalu banjir besar melanda Jakarta. Ribuan rumah tenggelam. Kerugian mencapai 39,5 milyar rupiah dan menelan korban 10 orang meninggal. Seorang penduduk di luar Jakarta menyurati redaksi sebuah surat kabar. Surat tersebut berisi pernyataan terhadap kondisi Jakarta. Menurutnya, Jakarta ternyata tidak seperti kota Metropolitan yang selama ini terlihat megah dalam sinetron.
Orang Jakarta mengatakan bahwa banjir yang melanda Jakarta kiriman dari Bogor, orang Bogor membantahnya. Mereka menyatakan bahwa yang membuat kerusakan adalah orang Jakarta sendiri dengan menggusur petani dan membuat villa dan hotel di puncak.
. Opini pada tajuk rencana tersebut terdapat pada kalimat ….
a.          Sepuluh orang meninggal dalam banjir
b.         Seorang penduduk luar Jakarta menyurati redaksi surat kabar
c.          Orang Jakarta mengatakan bahwa banjir kali ini merupakan kiriman dari Bogor
d.         Kerugian mencapai 39,5 milyar dan sepuluh orang meninggal
e. Beberapa waktu yang lalu banjir besar melanda Jakarta

11. Pada catatan akhir 2004 lembaga penegak hukum belum berfungsi maksimal. Hal itu terlihat semakin banyaknya putusan-putusan yang sama sekali tidak berdasarkan hukum dan tidak layak disebut sebagai keputusan yang kelur dari suatu lembaga peradilan yang seharusnya berwibawa.Di samping itu, pemerintah belum sungguh-sungguh dan tidak serius dalam menangani penegakan hukum. Kejaksaan Agung sebagai ujung tombak pemerintah tampak belum serius menangani tersangka dalam kasus BLBI.
Fakta umum dalam paragraph tersebut adalah….
a. Putusan-putusan peradilan tidak berdasarkan hukum.
b. Pemerintah belum serius dalam penegakan hukum.
c. Kasus BLBI belum ditangani secara serius dan benar.
d. Putusan pengadilan tidak memuaskan masyarakat.
e. Lembaga penegak hukum belum berfungsi maksimal

12 . Salah satu program pemerintah               dalam masa pembangunan adalah usaha penyebaran penduduk Jawa,Bali,dan Lombok (Jambal). Untuk lebih memperjelas keprihatinan disebtlah penyebaran itu dengan nama khusus,yaitu transmigrasi. Bahkan dalam kaitan itu,Bung Hatta berkata dalam kongres ahli-ahli ekonomi (Jogja,3 Februari 1946). “Suatu masalah yang mahapenting dalam rangkaian politik kemakmuran adalah transmigrasi. Kalau ini tidak dipecahkan,Indonesia tidak bakal makmur.”
Gagasan utama paragraph di atas terdapat pada kalimat …
a.  Pertama           b.  Kedua           c.  Ketiga  
d.  Keempat              e.   Kelima

13. Penyelewengan fungsi trotoar jelas melanggar Peraturan Dasar tentang Ketertiban Umum ataupun Undang-Undang Lalu Lintas. Penertiban memang sering dilakukan oleh aparat pemerintah daerah. Namun, tindakan itu terkesan kurang serius atau sering kelihatan sebagai pameran kekuasaan dan kewibawaan. Segera setelah penertiban berlalu, kegiatan-kegiatan yang melanggar ketertiban umum mulai kambuh lagi. Di jalan Sultan Agung, Jakarta Selatan, misalnya pernah diadakan operasi yudistis terhadap para pedagang. Akan tetapi, tidak lama kemdian mereka muncul kembali menggunakan trotoar itu untuk menggelar barang dagangannya seperti keramik dan mebel.
Kalimat utama pada paragraph di atas terletak
pada …
a.  Awal paragraph          b. Tengah paragraph                     c. Akhir paragraph
d. Awal dan akhir paragraph                 
 e. Tengah dan akhir paragraph

14. Rumah keluarga Wongsomoharjo terletak di daerah Ceper, Klaten. Seperti rumah-rumah di daerah Ceper pada umumnya, rumah Pak Wongso pun berhalaman cukup luas dan sangat teduh. Bila kita kermahnya, serasa masuk ruangan pamer kendaraan berat karena di ruangan itu tampak mobil kuno, helicopter, trailer, dan kereta api. Akan tetapi, anda tidak usah heran karena semua jenis kendaraan itu hanyalah mainan anak-anak yang terbuat dari kayu, dan ukrannya pun hanya seperlima puluh dari aslinya. Pak Wongso memang perajin mainan anak-anak dari kayu bubut. Beliau perajin yang berhasil berkat dorongan dari pengurus LKMD.
Ide pokok paragraph di atas adalah …
a. Rumah Pak Wongso yang berhalaman luas   
    terletak di Ceper,Klaten.
b. Rumah Pak Wongso tempat memamerkan
    mainan anak.
c. Rumah Pak Wongso tempat bermain anak-
    anak.
d. Pak Wongso seorang perajin mainan dari kayu
    bubut.
e. Pak Wongso merupakan seorang perajin yang
    maju berkat bantuan LKMD

15. Sebagai  produk  leader,  TELKOMFlexi  memimpin pasar. TELKOMFlexi sebagai market leader di ranah bisnis  CDMA  yang  menguasai  80%  market  share Jawa Timur  denga jumlah Pelanggan 1,9 juta lebih selalu menyiapkan inovasi-inovasi terbaru., fitur-fitur terbaru yang sangat berpihak kepentingan konsumen. Itulah  yang  menjadi  pertimbangan  para  flexiter, komunikasi  pengguna  flexi  yang saat ini berjumlah tak  kurang  dari  80  ribu  di  seluruh  Jawa  Timur. Dengan  anggota  beragam,  75%  diantaranya  masih didominasi Flexiter usia mapan. Flexiter usia muda yang  tercatat  sekitar  25  persen  dasri  hari  ke  hari jumlahnya kian merangsek naik. Opini yang terdapat pada teks di atas......
a TELKOMFlexi memimpin pasar.
b.TELKOMFlexi sebagai market leader selalu
   menyiapkan inovasi-inovasi terbaru, fitur-fitur
terbaru yang sangat berpihak kepentingan konsumen.
c. Komunikasi penggunan Flexi yang saat ini
    berjumlah tak kurang dari 80 ribu di seluruh
    Jawa Timur.
d. Dengan anggota beragam, 75% di antaranya
    masih didominasi Flexitur usia mapan.
e. Flexiter usia muda yang tercatat sekitar 25
    persen dari hari ke hari jumlahnya kian
    merengsek naik.

16. Sekitar 300 dari 400-an kios dan jongko (los) di Pasar Impres Sayati, Kota Bandung. Sabtu (26/8) dini hari, musnah terbakar. Dalam peristiwa itu seorang perempuan pedagang ayam potong. Fatimah bin Yusuf (50-an), tewas terbakar karena terkurung api dalam kiosnya.
   Keterangan yang dihimpun Sabtu siang menyebutkan, api mulai berkobar sekitar pukul 02.30 ketika para pedangan masih tertidur lelap. Karena kencangnya tiupan angin kemarau dan terbakarnya tenda-tenda plastik, api dengan cepat menjalar ke hampir semua bagian pasar yang terletak di jalan kopo itu.
      Api baru berhasil diatasi sekitar pukul 07.30, setelah sekitar sepuluh mobil pemadam kebakaran dari kota dan Kabupaten Bandung dikerahkan ke lokasi kejadian. Namun, akibat luapan massa, Jalan Poros Kopo Soreang smepat macet total selama beberapa jam
Pokok-pokok penting dalam teks berita tersebut adalah ….
      a.     pasar Inpres Sayati terbakar tanggal 28 Agustus, pukul 02.30 dini hari.
      b.     Pasar Inpres Sayati terbakar, satu orang tewas, dan Jalan Kopo Soreang macet.
      c.     Api mulai berkobar pukul 02.30 dan baru dapat diatasi pukul 07.30.
      d.     Jalan Kopo Soreang macet total karena Pasar Inpres Sayati kebakaran.
      e.     Angin kencang kemarau mengakibatkan cepatnya api menjalar ke kios-kios.

17. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa teh mempunyai banyak manfaat. Mengonsumsi teh secara teratur dapat mencegah kanker meskipun tidak terlalu besar. Teh juga menguatkan tulang dan mencegah pertumbuhan plak di permukaan gigi sehingga mencegah gigi berlubang. Tidak hanya memenuhi kebutuhan cairan tubuh seperti air putih, teh juga melawan penyakit jantung. Hasil penelitian yang dimuat dalam European Journal of Clincal Nutrition menolak anggapan bahwa teh menyebabkan dehidrasi. ”Minuman teh terbukti lebih baik bagi Anda daripada sekedar minum air putih,” ujar Ruxton. Menurutnya, air putih hanya menggantikan cairan yang terbuang. Teh tidak hanya menggantikan cairan, tetapi juga mengandung antioksidan serta fluoride
Ide pokok paragraf pertama yang tepat adalah ....
a. beberapa hasil penelitian             b. teh mencegah kanker              c. teh menguatkan tulang
d. teh mencegah plak gigi                              e. manfaat mengonsumsi teh

18. (1) Asma merupakan penyakit inflamasi kronis pada saluran napas dengan gejala berupa batuk dan sesak napas yang timbul berulang kali. (2) Di Indonesia, prevalensi asma pada 2001 sebesar 5,4% dan khusus di Jakarta, prevalensinya lebih tinggi yakni 7,5%. (3)
Peningkatan itu terjadi karena kurang optimalnya penatalaksanaan asma. (4) Saat ini telah muncul obat asma dalam bentuk inhaler
yang memberikan hasil memuaskan karena mampu mengontrol asma dan mengurangi frekuensi kekambuhan penyakit tersebut. (5)
Sayangnya, harga obat itu masih mahal sebab biaya teknologi pembuatan obat semprot masih mahal. Opini yang sesuai dengan isi paragraf tersebut terdapat pada nomor . . . .
a. (1)        b. (2)        c. (3)      d. (4)      e. (5)

19. Menurut seorang pengembang, pengembangan agrobisnis dan agroindustri merupakan tuntutan perkembangan logis. (2) Pengembangan telah dilanjutkan sebagai wujud kesinambungan peng-anekaragaman dan pengalaman pertanian. (3) Telah pula dilaksanakan pengembangan di beberapa wilayah. (4) Hasil yang dicapai mengesankan dan memuaskan.
Kalimat pernyataan di atas yang berupa opini terdapat Pada nomor....
A.      (l) dan (4)                  D.   (l) dan (4)
B.      (l) dan (3)                  E    (3) dan (4)
C.      (2) dan (3)

20. Kekerasan adalah proses belajar. Barang siapa sering terpapar kekerasan, akan terdorong menjadi pelaku (atau korban) kekerasan melalui proses identifikasi. Dan kekerasan itu seperti siklus dari satu generasi ke generasi berikutnya. Demikian juga berbagai perilaku kekerasan yang sering disaksikan setiap hari melalui kehidupan atau media massa jelas-jelas akan menjadi media belajar yang efektif bagi mereka yang sudah memendam potensi untuk menyalurkan rasa marah, frustasi, dan permusuhannya untuk meniru
Pikiran utama paragraf awal dalam bacaan di
     Atas  ialah….
a. Ada juga orang yang menyempatkan diri meneliti dampak lingkungan.
b. Dampak bendungan terhadap lingkungan.
c. Dampak bendungan-bendungan yang dibangun di sepanjang aliran sungai.
d. Perubahan habitat sepanjang pinggiran sungai.
e. Perubahan habitat sepanjang pinggiran sungai tempat pembangunan bendungan

0 komentar:

Posting Komentar