(Pokok-Pokok Isi Berita)
Nama Sekolah : SMA Negeri 16 Surabaya
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas / Semester : XII / 5
Tahun Ajaran : 2011 - 2012
Tema : Kreativitas
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
I. Standar Kompetensi :
1. Memehami informasi berbagai laporan
II. Kompetensi Dasar:
1.1 Membedakan antara fakta dan opini dari berbagai laporan lisan
III. Indikator:
1. Kognitifa. Produk:
● Menyimak pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung.
● Mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung
● Mempresentasikan pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung
● Menanggapi presentasi kelompok lain
● Menuliskan hasil ringkasan informasi yang disimak
● Menganalis hasil pekerjaan teman
● Memberikan saran, kritik, terhadap hasil pekerjaan teman
● Menetukan kalimat fakta yang ada dalam tiap paragraph
● Menentukan kalimat opini yang ada dalam tiap paragraph
● Memberikan penilaian terhadap hasil pekerjaan teman sesuai dengan kriteria penilaian yang ditetapkan
● Melaksanakan kegiatan :
1. Menyimak
2. Mencatat
3. Memresentasikan
4. Menuliskan
5. Menganalisis
6. Mengkritik
7. Menilai
8. Menyimpulkan
2. Psikomotor:
a. Menyimak informasi secara langsung
b. Mempresentasikan hasil simakannya
c. Menuliskan ringkasan informasi yang disimak
3. Afektif:
a. Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun
b. Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain
III. Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif
a. Produk:
- Disajikan rekaman berita telivisi, siswa dapat mencatat pokok-pokok informasi dengan tepat.
- Diberikan penugasan secara berkelompok, siswa dapat mendiskusikan pokok-pokok infomasi yang terdapat dalam rekaman berita telivisi dengan cermat.
- Dikondisikan suasana diskusi kelas, siswa secara berkelompok dapat mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dengan tepat.
- Dikondisikan suasana diskusi kelas, siswa dapat menanggapi presentasi kelompok lain dengan data penunjang dan menggunakan bahasa yang santun.
- Diberikan penugasan secara mandiri, siswa dapat menuliskan hasil ringkasan informasi yang disimak dengan menggunakan bahasa baku yang tepat.
- Diberikan penugasan secara mandiri, siswa dapat menganalis dan menilai hasil pekerjaan teman dengan objektif dan sesuai dengan kriteria penilaian yang ditetapkan.
- Diberikan penugasan secara mandiri, siswa dapat memberikan saran, kritik, terhadap hasil pekerjaan teman dengan menggunakan bahasa yang santun.
- Disajikan teks artikel / berita, siswa dapat membaca wacana dengan cermat.
- Dikondisikan suasana diskusi kelompok, siswa dapat menggolongkan kalimat fakta dan kalimat opini yang ada dalam walana dengan tepat.
- Dikondisikan suasana diskusi kelas, siswa secara berkelompok dapat mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dengan tepat.
- Dikondisikan suasana diskusi kelas, siswa dapat menanggapi presentasi kelompok lain dengan data penunjang dan menggunakan bahasa yang santun.
- Diberikan penugasan secara mandiri, siswa dapat menggolong-golongkan kalimat fakta dan opini yang ada dalam artikel dengan tepat.
- Diberikan kesempatan, siswa dapat menganisa hasil tugas mandiri teman berdasarkan kriteria yang disepakati dengan objektif dan penuh tanggung jawab..
- Diberikan kriteria penilaian, siswa dapat memberi kritik dan saran hasil tugas mandiri teman dengan menggunakan data penunjang yang tepat.
- Diberikan kriteria penilaian, siswa dapat menilai tugas mandiri teman secara objektif.
b. Proses
Disediakan seperangkat alat pendukung dan daftar penugasan yang ditentukan dalam LKS siswa dapat:
- Menyimak rekaman berita dengan penuh perhatian
- Mengerjakan daftar tugas siswa dengan tepat
- Menjawab daftar pertanyaan dengan tepat
- Menilai tugas teman sesuai dengan format penilain yang dtentukan
- Mengerjakan Lembar kerja siswa sesuai dengan yang ditentukan.
2. Psikomotor
Disediakan seperangkat alat dan bahan simakan sesuai dengan rincian tugas yang ditentukan di LKS meliputi:
- Menyimak rekaman berita dengan sungguh-sungguh
- Menuliskan pokok-pokok informasi
- Menjawab pertanyaan bacaan
- Menulis ringkasan informasi
- Membaca artikel dengan cermat
- Menentukan kalimat fakta dan opini
3. Afektif:
- Terlibat aktif dalam pembelajaran dan menunjukkan karakter berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan berperilaku santun sesuai LP: pengamatan perilaku berkarakter.
- Bekerjasama dalam kegiatan praktik dan aktif menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain dalam diskusi sesuai LP: Ketrampilan sosial.
IV. Materi Pokok
● Informasi (siaran berita dan non berita) dari radio/ televisi.
● Isi berita
V. Metode Pembelajaran
Metode CTL model pembelajaran Mind Mapping. Pembelajaran langsung yang ditunjukkan dengan sintaks-sintaks sebagai berikut:
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa dan sebaiknya permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban
3. Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang
4. Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi
5. Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
6. Dari data-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi perbandingan sesuai konsep yang disediakan guru
Metode pembelajaran berbasis IT
VI. Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Pertemuan I
No |
Aktivitas Pembelajaran |
Penilaian |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
A |
Pendahuluan (10 menit) |
|
|
||
1 |
Motivasi dan Apersepsi: Pengecekan Guru melakukan pengecekan ruang belajar siswa, media yang dibutuhkan, dan laboratorium bahasa tempat berlangsungnya pembelajaran. (contoh nilai yang ditanamkan: tanggung jawab). (Sintaks 1) |
|
|
|
|
2 |
Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran: kognitif (produk, proses);
psikomotorik; dan afektif (keterampilan sosial dan perilaku
berkarakter). Guru memberi contoh ringkasan informasi (Sintaks 1) (contoh nilai yang ditanamkan: tanggung jawab, persatuan, dan cinta sesama) |
|
|
|
|
|
|
|
|
||
B |
Kegiatan Inti (70 menit) |
|
|
||
1 |
Guru membagi 7 (tujuh ) kelompok yang terdiri dari 4-5 orang siswa dan membagikan LKS yang berisi tugas pada tiap kelompok (Sintaks 3) (contoh nilai yang ditanamkan: tanggung jawab, persatuan, dan cinta sesama) |
|
|
|
|
2 |
Difasilitasi oleh guru, siswa menyimak rekaman berita dan tugas siswa yang ada dalam LKS (Sintaks 2) (contoh nilai yang ditanamkan: tanggung jawab, kejujuran, rasa ingin tahu) |
|
|
|
|
3 |
Sebelum siswa berdiskusi dengan kelompoknya, siswa diminta
mengerjakan tugas mandiri yaitu mencatat pokok-pokok informasi hasil
dari kegiatan menyimak yang ditemukan pada LKS-01 Guru memfasilitasi para siswa agar para siswa dapat mengerjakan tugasnya dengan baik dengan cara memperhatikan siswa dan mengecek apakah siswa menjadi penyimak yang baik. (Sintaks 4) (contoh nilai yang ditanamkan: tanggung jawab, kejujuran, rasa ingin tahu) |
|
|
|
|
4 |
Guru memfasilitasi setiap kelompok untuk melakukan diskusi
kelompok, untuk menentukan pokok-pokok informasi dan melakukan
penilaian kinerja menggunakan LP-1 (Sintaks 4) (contoh nilai yang
ditanamkan: tanggung jawab, kejujuran, rasa ingin tahu) |
|
|
|
|
5 |
Guru memberikan arahan agar anggota kelompok dapat berdiskusi
secara santun, menghargai setiap perbedaan pendapat, dan bertanggung
jawab dalam mengerjakan tugas secara teliti (Sintaks 4) |
|
|
|
|
6 |
Dengan pemantauan guru, siswa secara kelompok bekerjasama menyusun ringkasan sebagai hasil diskusi. (Sintaks 4) |
0 komentar:
Posting Komentar