Kamis, 03 Mei 2012

ENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Pokok-Pokok Isi Berita)
  
Nama Sekolah        : SMA Negeri 16 Surabaya
Mata Pelajaran       : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas / Semester    : XII / 5
Tahun Ajaran          : 2011 - 2012
 Tema                       : Kreativitas
Alokasi Waktu        : 4 X 45 menit





 



 

I. Standar Kompetensi :
     1. Memehami informasi berbagai laporan

II. Kompetensi Dasar:
     1.1  Membedakan  antara fakta dan opini  dari berbagai laporan  lisan

III. Indikator: 
1.          Kognitif
a. Produk:
Menyimak pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung.
● Mencatat pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung
● Mempresentasikan pokok-pokok informasi yang disampaikan secara langsung
● Menanggapi presentasi kelompok lain
● Menuliskan hasil ringkasan informasi yang disimak
● Menganalis hasil pekerjaan teman
● Memberikan saran, kritik, terhadap hasil pekerjaan  teman
● Menetukan kalimat fakta yang ada dalam tiap paragraph
● Menentukan kalimat opini yang ada dalam tiap paragraph
● Memberikan penilaian terhadap hasil pekerjaan teman sesuai dengan kriteria penilaian        yang  ditetapkan

b. Proses:
Melaksanakan kegiatan :
1.      Menyimak
2.      Mencatat
3.      Memresentasikan
4.      Menuliskan
5.      Menganalisis
6.      Mengkritik
7.      Menilai
8.      Menyimpulkan

2. Psikomotor:
a.    Menyimak informasi secara langsung
b.      Mempresentasikan hasil simakannya
c.    Menuliskan ringkasan informasi yang disimak
3. Afektif:
a.       Karakter: Rasa ingin tahu ,Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan bertanggung jawab, peduli, serta berperilaku santun
b.      Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain

III. Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif
a.  Produk:
  • Disajikan rekaman berita telivisi, siswa dapat mencatat pokok-pokok informasi dengan tepat.
  • Diberikan penugasan secara berkelompok,  siswa dapat mendiskusikan pokok-pokok infomasi yang terdapat dalam rekaman berita telivisi dengan cermat.
  • Dikondisikan suasana diskusi kelas,  siswa secara berkelompok dapat mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dengan tepat.
  • Dikondisikan suasana diskusi kelas, siswa dapat menanggapi presentasi kelompok lain dengan data penunjang dan menggunakan bahasa yang santun.
  • Diberikan penugasan secara mandiri, siswa dapat menuliskan hasil ringkasan informasi yang disimak dengan menggunakan bahasa baku yang tepat.
  • Diberikan penugasan secara mandiri, siswa dapat  menganalis dan menilai hasil pekerjaan teman dengan objektif dan sesuai dengan kriteria penilaian yang ditetapkan.
  • Diberikan penugasan secara mandiri, siswa dapat memberikan saran, kritik, terhadap hasil pekerjaan  teman dengan menggunakan bahasa yang santun.
  • Disajikan teks artikel / berita, siswa dapat membaca wacana dengan cermat.
  • Dikondisikan suasana diskusi kelompok, siswa dapat menggolongkan kalimat fakta dan kalimat opini yang ada dalam walana dengan tepat.
  • Dikondisikan suasana diskusi kelas,  siswa secara berkelompok dapat mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dengan tepat.
  • Dikondisikan suasana diskusi kelas,  siswa dapat menanggapi presentasi kelompok lain dengan data penunjang dan menggunakan bahasa yang santun.
  • Diberikan penugasan secara mandiri, siswa dapat menggolong-golongkan kalimat fakta dan opini yang ada dalam artikel dengan tepat.
  • Diberikan kesempatan, siswa dapat menganisa hasil tugas mandiri teman berdasarkan kriteria yang disepakati dengan objektif dan penuh tanggung jawab..
  • Diberikan kriteria penilaian, siswa dapat memberi kritik dan saran hasil tugas mandiri teman dengan menggunakan data penunjang yang tepat.
  • Diberikan kriteria penilaian, siswa dapat menilai tugas mandiri teman secara objektif.

       b.             Proses
        Disediakan seperangkat alat pendukung  dan daftar penugasan yang ditentukan dalam LKS  siswa dapat:
  •   Menyimak rekaman berita dengan penuh perhatian
  •   Mengerjakan daftar tugas siswa dengan tepat
  •   Menjawab daftar pertanyaan dengan tepat
  •   Menilai tugas teman sesuai dengan format penilain yang dtentukan
  •   Mengerjakan Lembar kerja siswa sesuai dengan yang ditentukan.
 Siswa dapat  Menyimak, mencatat, presentasi, menulis, menganalis,  mengkritik, menilai, dan menyimpulkan isi informasi secara tepat.

        2. Psikomotor
         Disediakan seperangkat alat dan bahan simakan sesuai dengan rincian tugas yang    ditentukan di LKS meliputi:
  • Menyimak rekaman berita dengan sungguh-sungguh
  • Menuliskan pokok-pokok informasi
  • Menjawab pertanyaan bacaan
  • Menulis ringkasan informasi
  • Membaca artikel dengan cermat
  • Menentukan kalimat fakta dan opini

      3.  Afektif:
  • Terlibat aktif dalam pembelajaran dan menunjukkan karakter berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan berperilaku santun sesuai LP: pengamatan perilaku berkarakter.
  • Bekerjasama dalam kegiatan praktik dan aktif menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain dalam diskusi sesuai LP: Ketrampilan sosial.

IV.       Materi Pokok
● Informasi (siaran berita dan non berita) dari radio/ televisi.
● Isi berita







V.    Metode Pembelajaran
Metode CTL model pembelajaran Mind Mapping. Pembelajaran langsung yang ditunjukkan dengan sintaks-sintaks sebagai berikut:
1.      Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2.      Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa dan sebaiknya permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban
3.      Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang
4.      Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi
5.      Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
6.      Dari data-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi perbandingan sesuai konsep yang disediakan guru

Metode pembelajaran berbasis IT

VI.    Langkah-Langkah Pembelajaran
a.                                                            Pertemuan I
No
Aktivitas Pembelajaran
Penilaian
1
2
3
4
A
Pendahuluan (10 menit)


1
Motivasi dan Apersepsi:
Pengecekan
    Guru melakukan pengecekan ruang belajar siswa, media yang dibutuhkan, dan laboratorium bahasa tempat berlangsungnya pembelajaran. (contoh nilai yang ditanamkan: tanggung jawab). (Sintaks 1)




2
Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran: kognitif (produk, proses); psikomotorik; dan afektif (keterampilan sosial dan perilaku berkarakter).
Guru memberi contoh ringkasan informasi (Sintaks 1) (contoh nilai yang ditanamkan: tanggung jawab, persatuan, dan cinta sesama)








B
Kegiatan Inti (70 menit)


1
Guru membagi 7 (tujuh ) kelompok yang terdiri dari 4-5 orang siswa dan membagikan LKS yang berisi tugas pada tiap kelompok (Sintaks 3) (contoh nilai yang ditanamkan: tanggung jawab, persatuan, dan cinta sesama)




2
Difasilitasi oleh guru, siswa menyimak rekaman berita dan tugas siswa yang ada dalam LKS (Sintaks 2) (contoh nilai yang ditanamkan: tanggung jawab, kejujuran, rasa ingin tahu)




3
Sebelum siswa berdiskusi dengan kelompoknya, siswa diminta mengerjakan tugas mandiri yaitu mencatat pokok-pokok informasi hasil dari kegiatan menyimak yang ditemukan pada LKS-01
Guru memfasilitasi para siswa agar para siswa dapat mengerjakan tugasnya dengan baik dengan cara memperhatikan siswa dan mengecek apakah siswa menjadi penyimak yang baik. (Sintaks 4) (contoh nilai yang ditanamkan: tanggung jawab, kejujuran, rasa ingin tahu)




4
Guru memfasilitasi setiap kelompok untuk melakukan diskusi kelompok, untuk menentukan pokok-pokok informasi dan  melakukan penilaian kinerja menggunakan LP-1 (Sintaks 4) (contoh nilai yang ditanamkan: tanggung jawab, kejujuran, rasa ingin tahu)




5
Guru memberikan arahan agar anggota kelompok dapat berdiskusi secara santun, menghargai setiap perbedaan pendapat,  dan bertanggung jawab dalam mengerjakan tugas  secara teliti  (Sintaks 4)




6
Dengan pemantauan guru, siswa secara kelompok bekerjasama menyusun ringkasan sebagai hasil diskusi. (Sintaks 4)

0 komentar:

Posting Komentar