Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama Sekolah :
SMP Negeri 1 Panti
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas / Semester :
VIII/1
Aspek :
Berbicara
Alokasi waktu :
2x40 menit
A. Standar Kompetensi
6.
Mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan bermain peran
B. Kompetensi Dasar
6.1 Bermain
peran sesuai dengan naskah yang ditulis siswa
C. Indikator
1.
Mampu memilih tokoh yang
diperankan
2.
Mampu bermain peran sesuai
dengan naskah yang ditulis siswa
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Produk
·
Siswa memilih tokoh yang
diperankan yang diperdengarkan
·
Siswa bermain peran sesuai
dengan naskah yang ditulis siswa
2.
Proses
·
Siswa memilih tokoh yang
diperankan yang diperdengarkan secara
berkelompok
·
Siswa bermain peran sesuai
dengan naskah yang ditulis siswa secara berkelompok
3.
Karakter
·
Siswa memilih tokoh yang
diperankan yang diperdengarkan dengan tekun dan tanggung jawab
·
Siswa bermain peran sesuai
sesuai dengan naskah yang ditulis siswa dengan sikap berani dan tanggung jawab
E. Materi Pembelajaran
1.
Bermain drama
2.
Daftar karakter-karakter
yang ada dalam drama
3.
Memerankan tokoh
masing-masing karakter
F.
Metode Pembelajaran
·
Demonstrasi
·
Inkuiri
·
Diskusi
·
Tanya jawab
G. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Langkah Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pembukaan
(10’)
|
1.
Guru melakukan
apersepsi dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang dapat mengarahkan
siswa pada tujuan pembelajaran.
2.
Guru melakukan
motivasi dan arahan mengenai tujuan pembelajaran hari ini yaitu bermain peran
sesuai dengan naskah yang ditulis siswa.
3.
Guru menjelaskan
kegiatan belajar yang akan dilakukan siswa untuk mencapai tujuan
pembelajaran.
|
5 menit
2 menit
3 menit
|
Inti
(60’)
|
1.
Siswa memilih tokoh
yang diperankan dengan tanggung jawab.
2.
Siswa atau guru
menentukan peran sesuai naskah dengan rasa
hormat dan perhatian (respect).
3.
Siswa secara berkelompok bermain peran yang telah diperdengarkan dengan tekun (diligence).
4.
Siswa dan guru bersama-sama
membahas hasil dari penampilan masing-masing kelompok telah diperdengarkan
dengan rasa hormat dan perhatian (respect).
5.
Siswa dapat bermain
peran sesuai dengan naskah yang ditulis siswa dengan tekun (diligence)
|
10 menit
5 menit
25 menit
10 menit
10 menit
|
Penutup
(10’)
|
1.
guru melakukan
evaluasi dengan memberikan pertanyaan kepada siswa ataupun dengan
menyimpulkan hasil pembelajaran yang telah dilakukan.
2.
Guru memberikan
pekerjaan rumah (PR) terhadap siswa untuk meningkatkan semangat belajar
siswa.
3.
Guru menyampaikan
rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
|
5 menit
2 menit
3 menit
|
H. Sumber Pembelajaran
1.
Buku paket Bahasa Indonesia
untuk SMP / MTS Kelas VIII
2.
Fotocopyan naskah drama
I.
Penilaian
1.
Jenis penilaian
a.
Produk
b.
Proses
c.
Karakter
2.
Tekhnik penilaian
a.
Tulis
b.
Pengamatan
c.
Pengamatan
3.
Bentuk penilaian
a.
Uraian
b.
Skala sikap
c.
Skala sikap
4.
Instrumen Peniilaian (
terlampir )
Mengetahui Jember, 14 April
2012
Kepala sekolah Guru
Mapel Bahasa Indonesia
1.
Instrumen Penilaian
LEMBAR NILAI PRODUK
|
1.
Tentukan karakter
tiap-tiap tokoh yang telah diperdengarkan
2.
Kemudian evaluasi
pemeran tokoh dalam pementasan drama
|
LEMBAR
NILAI PROSES
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK YANG DINILAI
|
JUMLAH NILAI
|
NILAI
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
Rifky
ramadhani
|
||||||
2
|
Nisa
rahmawati
|
||||||
3
|
Indira gandhi
|
Keterangan
KRITERIA
PENILAIAN
ASPEK YANG DINILAI
|
KRITERIA NILAI
|
1.
Kesungguhan dalam
mendengarkan drama
|
a.
5 (SB) : mendengarkan
dengan sungguh-sungguh.
b.
4 (B) : mendengarkan
drama dengan baik..
c.
3 (C) : mendengarkan
dengan santi drama yang dibacakan.
d.
2 (K) : mendengarkan
drama sambil bicara dengan temannya.
e.
1 (SK) : tidak
mendengarkan drama dan bermain sendiri.
|
2.
Mengerjakan sendiri
dengan kemampuan sendiri
|
a.
5 (SB) : Mengerjakan
tugas sendiri dengan baik dan benar.
b.
4 (B) : Mengerjakan
tugas sendiri dengan baik.
c.
3 (C) : Mengerjakan
tugas namun kurang tepat.
d.
2 (K) : Mengerjakan
tugas namun kurang tepat.
e.
1 (SK) : Tidak
mendengarkan tugas sama sekali.
|
3.
Menunjukkan keaktifan
dalam mengerjakan tugas
|
a.
5 (SB) : Selalu aktif
dalam mengerjakan tugas dengan baik dan benar.
b.
4 (B) : Aktif dalam
mengerjakan tugas dengan baik.
c.
3 (C) : Aktif
mengerjakan tugas namun kurang tepat.
d.
2 (K) : Mengerjakan
tugas namun melihat pekerjaan temannya.
e.
1 (SK) : Tidak
mengerjakan tugas .
|
4.
Menentukan karakter
tiap-tiap tokoh dan bermain peran
|
a.
5 (SB) : Mampu
menentukan karakter tiap-tiap tokoh dan bermain peran.
b.
4 (B) : Mampu
menentukan karakter tiap-tiap tokoh dan bermain peran dengan Baik.
c.
3 (C) : Mampu
menentukan karakter tiap-tiap tokoh dan bermain peran namun kurang tepat
d.
2 (K) : Mampu
menentukan karakter tiap-tiap tokoh dan bermain peran namun salah.
e.
1 (SK) : Tidak Mampu
menentukan karakter tiap-tiap tokoh dan bermain peran.
|
Nilai = Jumlah nilai yang diperoleh X 100
Jumlah nilai maksimal
=
.......................
LEMBAR
NILAI SIKAP DAN KARAKTER
NO
|
NAMA SISWA
|
ASPEK YANG DINILAI
|
JUMLAH NILAI
|
NILAI
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
Rifky
ramadhani
|
|||||||
2
|
Nisa
rahmawati
|
|||||||
3
|
Indira
gandhi
|
Keterangan
KRITERIA
PENILAIAN
ASPEK YANG DINILAI
|
KRITERIA NILAI
|
1.
Menunjukkan sikap
antusias dalam bekerja
|
a.
5 (SB) : Selalu aktif
dan bersungguh-sungguh dalam bekerja.
b.
4 (B) : Aktif dalam
bekerja.
c.
3 (C) : Bersikap
santai dalam bekerja.
d.
2 (K) : Tidak pernah
antusias dalam bekerja.
e.
1 (SK) : Tidak pernah
aktif dan selalu duduk dibelakang.
|
2.
Menunjukkan sikap
tanggung jawab dan kritis dalam bekerja.
|
a.
5 (SB) : Bersikap
tanggung jawab dan kritis dalam mengerjakan tugas.
b.
4 (B) : Selalu
bersikap tanggung jawab dalam mengerjakan tugas.
c.
3 (C) : Bersikap
kritis namun tidak dapat bertanggung jawab.
d.
2 (K) : Tidak
bertanggung jawab dan kritis.
e.
1 (SK) : Selalu
bersikap acuh dan tidak pernah aktif.
|
3.
Menunjukkan sikap
bekerja sama dan komunikasi
|
a.
5 (SB) : Mampu
bekerja sama dan berkomunikasi yang baik dengan temannya.
b.
4 (B) : Mampu bekerja
sama dan berkomunikasi dengan temannya.
c.
3 (C) : Mampu bekerja
sama namun tidak dapat berkomunikasi dengan baik.
d.
2 (K) : Mampu
berkomunikasi namun tidak dapat bekerja sama.
e.
1 (SK) : Tidak mampu
berkomunikasi dan bekerja sama dengan temannya .
|
4.
Menunjukkan sikap
bertanggung jawab dan menghargai pendapat
|
a.
5 (SB) : Mampu menunjukkan
sikap selalu bertanggung jawab dan menghargai pendapat.
b.
4 (B) : Bertanggung
jawab namun kurang menghargai
pendapat.
c.
3 (C) : Bertanggung
jawab namun tidak menghargai pendapat.
d.
2 (K) : Kurang
bertanggung jawab dan kurang menghargai pendapat.
e.
1 (SK) : Tidak Mampu
menunjukkan sikap bertanggung jawab dan tidak pernah menghargai pendapat.
|
5.
Menunjukkan sikap
menjadi pendengar yang baik
|
a.
5 (SB) : Selalu
mendengarkan materi dengan baik dan respect.
b.
4 (B) : Mendengarkan
materi dengan baik
c.
3 (C) : Mendengarkan
materi namun dengan sikap santai.
d.
2 (K) : Mendengarkan
materi namun santai dan sambil berbicara dengan temannya.
e.
1 (SK) : Tidak pernah
mendengarkan materi dengan serius dan selalu duduk dibelakang.
|
Nilai = Jumlah nilai yang
diperoleh X 100
Jumlah nilai maksimal
=
.......................
3.
Rubrik nilai produk
1.
Tentukan karakter tiap-tiap
tokoh yang telah disajikan secara lisan!
Kegiatan
|
Skor
|
1. Peserta didik dapat menuliskan pokok-pokok isi drama :
a.
Siapa tokoh utama ?
b.
Siapa tokoh sampingan
?
c.
Bagaimana karakter
tokoh utama ?
d.
Bagamana karakter
tokoh sampingan/pembantu ?
2.
Peserta didik tidak dapat
menentukan
apa-apa
|
1
1
1
1
0
|
2.
Perankan
tokoh sesuai dengan karakter dan dialog antar tokoh !
No
|
Nama Kelompok
|
Aspek
|
Skor
|
Skor yang dicapai
|
1. Tokoh
|
||||
a. lengkap
|
3
|
|||
b. tidak
|
1
|
|||
2. Karakter
|
||||
a. sesuai
|
5
|
|||
b. Kurang
sesuai
|
3
|
|||
c. Tidak
sesuai
|
1
|
Keterangan :
-
Apabila skor yang dicapai 6 – 8 lulus
-
dan apabila skor yang dicpai dibawah 6 harus remidi
Perhitungan nilai akhir dalam skala 0-100 adalah sebagai berikut:
Nilai = Perolehan
skor x 100
15
= ........................
LEMBAR NILAI PRODUK
NO
|
NAMA SISWA
|
SKOR
|
NILAI
|
0 komentar:
Posting Komentar