Kamis, 03 Mei 2012

SOAL INTENSIF 2010.4


INTENSIF PAKET 4

Teks untuk menjawab soal nomor 1 s.d. 3.
Bacalah teks berikut dengan sesama
1)       Jika  pada masa lalu Anda bertanya kepada beberapa astronom tentang planet mana yang kira-kira berpenghuni, mereka akan menunjuk Mars.
2)       Mars yang kemerahan, sepintas memang mirip dengan bumi.
3)       Disana siang malam berlangsung sekitar 24 jam.
4)       Selain mempunyai kutub-kutub es, Mars juga mengalami pergantian musim seperti bumi.
5)       Saat ini di bumi sedang terjadi perubahan iklim.

1.       Kalimat utama paragraf di atas terdapat pada ….
a.       (1)                          d.  (4)
b.      (2)                          e.  (5)
c.       (3)

2.       Makna kata astronom pada paragraf di atas adalah ……
a.    Ahli perbintangan            d. ahli irigasi
b.    Ahli antariksa                     e. ahli bumi
c.     Ahli planet

3.       Kalimat penjelas yang tidak mendukung kalimat utama pada paragraf tersebut terdapat pada ….
a.       (1)                          d.  (4)
b.      (2)                          e.  (5)
c.       (3)

4.       Cermatilah kutipan puisi berikut dengan seksama !
MENYESAL
Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku sudah pergi
Sekarang petang datang membayang
Batang usiaku sudah tinggi

Aku lalai di hari pagi
Bata lengah di masa muda
Kini hidup meracun hati
Miskin ilmu, miskin harta
….
Oleh A. Hasymi
Kata petang pada larik ketiga puisi tersebut mempunyai makna lambang..….
a.    Waktu sore hari                                d.  masa tua
b.    Kehidupan manusia        e.suasana senja
c.     Perasaan manusia

5.       Maksud bait kedua puisi tersebut adalah…..
a.    Seseorang yang lengah di pagi hari sehingga hidupnya sangat menderita di usia muda
b.    Seseorang yang menderita hidupnya karena tidak mempunyai ilmu dan harta
c.     Seseorang yang miskin harta dan miskin ilmu pada masa muda karena ia lupa waktu
d.    Seseorang yang telah menyia-nyiakan masa mudanya dalam menuntut ilmu sehingga hidup menderita di hari tua
e.    Seseorang yang melalaikan waktu di masa muda karena dia tidak memiliki ilmu dan harta

6.       Cermati silogisme berikut !
Premis Umum
Semua pengendara kendaraan bermotor harus memiliki SIM.
Premi Khusus
…….
Kesimpulan
Widiharto harus memiliki SIM.
Pernyataan yang paling tepat untuk mengisi premis khusus yang rumpang adalah ……
a.    Widiharto pasti memiliki SIM
b.    Widiharto pengendara motor yang memiliki SIM.
c.     Widiharto pengendara kendaraan bermotor.
d.    Widiharto dan pengendara lainnya memiliki SIM.
e.    Widiharto dan temannya memiliki SIM.

Kutipan berikut untuk menjawab soal nomor 7 s.d. 9, cermatilah dengan baik !
Menurut Ibu yang didengarnya dari Ayah, sebab terjadi penikaman terhadap Opzichter Belanda itu karena Opzicter itu selalu mengganggu istri-istri mereka, dan rupanya kuli-kuli kotrak itu sudah gelap matanya, tidak dapat lagi menahan hati melihat Opzichter itu mengganggu istri-istri mereka. Lalu mereka memutuskan ramai-ramai menyerang Opzichter.
Kuli Kontrak oleh Muchtar Lubis               

7.       Konflik dalam diri kuli-kuli kontrak adalah….
a.    Rasa benci istri kuli-kuli kontrak terhadap Opzichter yang kurang ajar
b.    Opzichter merasa marah karena istri kuli-kuli kontrak tidak patuh padanya
c.     Rasa marah (gelap mata) kuli-kuli kontrak terhadap Opzichter
d.    Rasa tertekan perasaan istri-istri kuli kontrak terhadap suami mereka
e.    Opzichter merasa terhina istri kuli-kuli kontrak menolaknya

8.       Penyebab Konflik pada diri kuli kontrak adalah ……
a.    Kuli-kuli kontrak memaki-maki Opzicher yang mengganggu istri mereka
b.    Istri kuli-kuli kontrak mengadukan Opzicher kepada  suami mereka
c.     Opzicher tidak dapat lagi menahan marahnya terhadap istri kuli kontrak
d.    Istri kuli kontrak merasa dihina oleh perlakuan Opzicher.
e.    Opzicher selalu mengganggu istri kuli-kuli kotrak

9.       Peristiwa akibat konflik  tersebut adalah ……
a.    Opzicher menyerang kuli-kuli kontrak yang melawan.
b.    Kuli kontrak memutuskan untuk menyerang Opzicher.
c.     Opzicher menguntuk kuli-kuli kontrak mengekang istrinya.
d.    Istri kuli kontrak mengadukan perbuatan Opzicher kepada mereka.
e.    Kuli kontrak melindungi istri-istri mereka dari bahaya.

Teks untuk menjawab soal nomor 10 s.d. 13.
Kekerasan Proses Yang Dipelajari
Kekerasan adalah proses belajar. Barang siapa sering terlihat kekerasan akan terdorong menjadi pelaku (atau korban) kekerasan melalui proses identifikasi. Kekerasan itu seperti siklus dari satu generasi ke generasi berikutnya. Demikian juga berbagai perilaku kekerasan yang sering disaksikan setiap hari melalui kehidupan atau media massa. Hal itu akan menjadi media belajar yang efektif bagi mereka yang sudah memendam potensi untuk menyalurkan rasa marah, frustrasi, dan permusuhan untuk ditiru.
Hal lain yang mendorong perilaku kekerasan adalah rasa frustrasi. Akumulasi frustrasi yang tersumbat akan menjadi pusaran energy yang mendesak untuk diledakkan bila tidak tersedia outlet yang memadai. Dengan demikian, rasa frustrasi dapat menimbulkan berbagai bentuk kekerasan.

10.   Pertanyaan yang sesuai dengan isi teks tersebut adalah ……
a.       Apakah yang dimaksud dengan kekerasan?
b.      Bagaimanakah perilaku kekerasan dapat terjadi?
c.       Mengapa seseorang bias melakukan kekerasan?
d.      Apakah yang mendorong perilaku kekerasan?
e.      Di manakah perilaku kekerasan terjadi?

11.   Mengapa perilaku kekerasan dinyatakan sebagai proses yang dipelajari?
Jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah karena……
a.       Perilaku kekerasan pada seseorang terbentuk dari akumulasi rasa frustrasi.
b.      Perilaku kekerasan terbentuk dari proses identifikasi atau karena menyaksikan kekerasan melalui kehidupan dan media massa.
c.       Perilaku kekerasan pada umumnya dalam bentuk penindasan, pukulan,bentakan,pelecehan,sinisme,dansarkasme.
d.      Perilaku kekerasan merupakan hasil belajar disengaja oleh mereka yang memendam potensi marah
e.      Perilaku kekerasan selalu berkaitan dengan perubahan yang diperoleh melalui belajar

12.   Pernyataan berikut yang sesuai dengan isi teks di atas adalah……
a.       Frustrasi yang terakumulasi dapat menjadi sarana belajar bagi seseorang untuk melakukan kekerasan.
b.      Kehidupan sehari-hari dapat menimbulkan rasa marah, frustrasi, dan perilaku kekerasan.
c.       Seseorang yang sering mengalami kekerasan dapat menjadi pelaku kekerasan yang frustrasi.
d.      Siapapun dapat menjadi pelaku kekerasan atau korban kekerasan jika mau belajar.
e.      Berbagai perilaku kekerasan dalam media massa dapat menjadi media belajar yang efektif bagi seseorang.

13.   Simpulan isi teks tersebut yang tepat adalah …..
a.       Frustrasi dapat menimbulkan berbagai bentuk kekerasan.
b.      Barang siapa sering mengalami kekerasan akan menjadi pelaku kekerasan dan korban kekerasan.
c.       Identifikasi kekerasan dapat melahirkan perilaku kekerasan yang membahayakan siapa saja.
d.      Frustrasi yang terakumulasi dapat meledak menjadi perilaku kekerasan pada diri seseorang.
e.      Setiap orang memiliki potensi melakukan kekerasan dan menjadi korban kekerasan.

14.   Cermatilah kutipan penutup surat berikut!
Atas perhatiannya, diucapkan terima kasih.
Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat surat tersebut adalah ……
a.       Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih banyak.
b.      Atas perhatian, saya tak lupa mengucapkan terima kasih.
c.       Atas perhatiannya, saya mengucapkan terima kasih.
d.      Atas perhatian, diucapkan terima kasih kepada Bapak.

15.   Cermati penggalan puisi “Tanah Air” karya Ajip Rosidi berikut!
TANAH AIR
………
Rambutnya indah sepanjang khatulistiwa membujur
Rambutnya hitam terbantun ombak
Gelung-bergelung berkilauan mandi sinar matahari
Oleh Ajib Rosidi
Kalimat bermajas yang paling tepat untuk melengkapi penggalan puisi yang rumpang tersebut adalah…….
a.       Ratu sukma sedang tidur
b.      Bunga kampong telah tidur
c.       Seorang putri cantik tidur
d.      Bunga mayang terlelap tidur
e.      Perempuan manis nan elok tidur

16.   Cermati kata-kata bergaris bawah dalam paragraf berikut!
Salah satu aktifitas pavorit saya di Bali adalah berjalan kaki di sepanjang jalan Monkey Forest atau Wana Wanara di Ubud. Keluar masuk toko yang memanjang barang-barang dengan kwalitas eksport.

Penulisan kata-kata cetak miring pada paragraph di atas yang sesuai dengan EYD adalah …..
a.       Aktifitas, faforit, kualitas, export
b.      Aktifitas, favorite, kwalitas, ekspor
c.       Aktivitas, favorite, kwalitas, eksport
d.      Aktivitas, favourite, quality, export
e.      Aktivitas, favorit, kualitas, ekspor

17.   Pada hakekatnya membeli obat di apotik lebih aman  daripada di warung. Begitu nasehat kakek.

Penulisan kata cetak miring pada teks di atas yang benar adalah…….
a.       Hakekat, apothek, nasihat
b.      Hakikat, apotek, nasihat
c.       Hakikat, apotik, nasehat
d.      Hakekat, apotek, nasehat
e.      Hakekat, apotik, nasihat

18.   Cermati paragraf berikut!
Seorang wanita bertubuh langsing berjalan gemulai menyisir jalan. Badanya dibalut blus warna merah jambu. Sepasang sandal jepit melekat di kakinya. Rambutnya tersisir rapi. Matanya bening tetapi pandangannya sayu. Sebuah tas berwarna cokelat tua dikepitnya……

Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraph deskripsi rumpang tersebut adalah……
a.       Sayangnya, dia tidak memakai selendang yang serasi.
b.      Memang, apa yang dipendam dalam hatinya itu tidak akan ia lontarkan.
c.       Namun, pikirannya yang terpendam itu dibiarkannya saja berlalu-lalang.
d.      Sayangnya, ia tak mau tahu kepada siapa akan ditumpahkannya pikirannya itu.
e.      Selendang merah tua di pundak melambai tertiup angin.

19.   Cermatilah judul karangan berikut!
Manfaat kencur sebagai bumbu masak dan obat.
Penulisan judul karangan tersebut yang sesuai EYD adalah…….
a.       Manfaat Tanaman Kencur Sebagai Bumbu masak Dan Obat
b.      Manfaat Tanaman Kencur Sebagai Bumbu Masak dan Obat
c.       Manfaat Tanaman Kencur sebagai Bumbu Masak Obat
d.      MANFAAT TANAMAN KENCUR SEBAGAI BUMBU MASAK dan OBAT
e.      MANFAAT TANAMAN KENCUR sebagai BUMBU MASAK dan OBAT

20.   Cermati tema karya tulis berikut!
Penerapan Ejaan yang disempurnakan (EYD) dalam karangan siswa SMA di Jakarta
Latar belakang karya tulis yang sesuai dengan tema tersebut adalah……
a.       Sering ditemukan kesalahan penggunaan EYD dalam karangan siswa SMA di Jakarta.
b.      Siswa SMA di Jakarta tidak menggunakan EYD dalam setiap mengarang.
c.       Setiap menggarang siswa SMA di Jakarta selalu tidak menerapkan EYD.
d.      Siswa SMA tidak pernah menghiraukan EYD dalam setiap menulis
e.      Setiap mengerjakan tugas bahasa Indonesia sejak SMA tidak menggunakan EYD.

21.   Cermati kalimat-kalimat berikut!
(1)    Syukur-syukur jadi anak superior dengan IQ di atas 130.
(2)    Dalam paradigm IQ dikenal kategori hamper atau jenius kalau seorang punya IQ di atas 140.
(3)    Hingga hari ini pu masih banyak orang tua yang mengharapkan anak-anaknya pintar, terlahir dengan IQ (Intelligence quotient) di atas level normal(lebih dari 100).
(4)    Harapan ini tentu sah saja.
(5)    Albert Einstein adalah ilmuwan yang IQnya disebut-sebut lebih dari 160.
Agar menjadi paragraf yang baik urutan kalimat-kalimat di atas yang benar adalah….
a.                                           (1), (2), (3), (4), (5) 
b.                                          (2), (3), (1), (4), (5)
c.                                           (3), (1), (4), (2), (5)
d.    (4), (2), (5), (3), (1)
e     (5), (3), (1), (4), (2)

Teks berikut untuk menjawab nomor 22 s.d. 25.
Bacalah teks berikut dengan saksama!
1)      Pelajar Indonesia yand selama ini dianggap “anak manja” ternyata mampu bersaing dengan pelajar dari Negara seluruh dunia.
2)      Sepanjang tahun 2007, sejumlah karya ilmiah para pelajar Indonesia berhasil menyabet penghargaan di berbagai kompetisi internasional. Selasa (25/6) kemarin,sebagian diantara pelajar yang berprestasi itu diterima oleh Menteri Pendidikan, Bambang Sudibyo di Jakarta.
3)      Para Siswa yang diterima itu adalah peraih medali emas dalam kompetisi sain dan teknologi pelajar internasional.
4)      Mereka itu adalah Adhidharma, M. Dhika, Fakhry Auzan, Avlia mengharumkan nama bangsa Indonesia di luar negeri.
5)      Kita tentu sependapat dengan Mendiknas dan mudah-mudahan muncul ribuan warga masyarakat lain yang mampu mengharumkan nama Indonesia.
Dengan Perubahan

22.   Ide pokok paragraph tersebut adalah ….
a.       Kemampuan pelajar Indonesia
b.      Karya ilmiah pelajar Indonesia
c.       Kompetisi sains dan teknologi internasional
d.      Kebanggaan Mendiknas atas prestasi anak bangsa.
e.      Pertama peraih mendali emas

23.   Kalimat fakta dalam paragraf tersebut terdapat pada nomor ……
a.       (1), (2), (3)                  d.  (1), (2), (6)
b.      (2), (3), (4)                  e.  (1), (2), (4)
c.       (2), (3), (6)

24.   Kalimat opini paragraf tersebut terdapat pada nomor ……
a.       (1) dan (3)                   d.  (5) dan (6)
b.      (2) dan (5)                   e.  (1) dan (3)
c.       (3) dan (4)

25.   Simpulan paragraf di atas adalah …..
a.       Pelajar Indonesia ternyata mampu bersaing di tingkat internasional
b.      Anak manja Indonesia ternyata memiliki prestasi luar biasa untuk karya ilmiah.
c.       Kelima pelajar tersebut mendapat medali emas dalam olimpiade sains dan fisika.
d.      Mendiknas sangat bangga atas prestasi pelajar yang telah mengharumkan nama bangsa.
e.      Pelajar Indonesia termasuk pelajar yang cukup disegani dunia di bidang karya ilmiah.

26.   Bacalah kutipan tajuk rencana berikut dengan saksama!
1)      Kita harus mengatakan bahwa krisis gula yang terjadi saat ini merupakan kelemahan pemerintah dalam melindungi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
2)      Pemerintah benar-benar tidak berdaya untuk mengelola kebutuhan masyarakat.
3)      (3) kebutuhan gula nasional sekitar 3,2 juta ton setiap tahun.
4)      Kemampuan produk nasional sekitar 1,8 juta ton.
5)      Jadi setiap tahun kita terpaksa mengimpor sebanyak 1,4 juta ton.

Opini penulis dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah kalimat nomor ……

a.       (1) dan (2)                   d.  (3) dan (4)
b.      (1) dan (3)                   e.  (4) dan (5)
c.       (2) dan (3)

27.   Cermatilah kalimat rumpang berikut!
Tujuan pelatihan kecerdasan emosional ini …… orang tua sadar terhadap emosi mereka sendiri dan dapat menggunakan kepekaan mereka …… menyelaraskan diri secara tulus dengan perasaan anak mereka.
Kata penghubung antarklausa yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah …….
a.       Demi,  bagi                  d.  kalau,  demi
b.      Bila, agar                      e.  bahwa, yang
c.       Agar, untuk
Kutipan novel berikut untuk menjawab soal nomor 28 dan 29.
Pahami kutipan novel berikut dengan saksama!
Tatkala kulihat ayah akan dibawa ke dalam penjara, sebagaimana seorang penjahat yang bersalah besar, gelaplah mataku dan hilanglah pikiranku dan dengan tiada kuketahui, keluarlah aku, lalu berteriak, “Jangan dipenjarakan ayahku! Biarlah aku jadi istri Datuk Maringgih!”
Mendengar perkataan itu, tersenyumlah Datuk Maringgih dengan senyum yang pada penglihatanku, sebagai senyum seekor harimau yang hendak menerkam mangsanya, dan terbanglah sukacitanya dan berahi serta hawa nafsu hewan kepada matanya, sehingga terpaksa aku menutup mataku.
Siti Nurbaya oleh Marah Rusli

28.   Watak tokoh aku dalam kutipan novel tersebut adalah…….
a.       Penyayang                  d.  penurut
b.      Penyabar                     e.  pemarah
c.       Rela berkorban

29.   pendeskripsian watak tokoh aku dalam kutipan novel tersebut adalah melalui……
a.       tingkah laku tokoh
b.      dialog tokoh
c.       pikiran tokoh
d.      gambaran fisik tokoh
e.      keadaan sekitar tokoh

30.    bacalah paragraph berikut dengan saksama!
Darah Anda melakukan perjalanan dalam sebuah siklus yang tidak pernah berhenti. Ia ……”perbekalan” dan mengangkut “sampah”. Dalam darah ada sel darah merah yang memiliki tugas khusus menjemput oksigen dari paru-paru dan membawanya ke seluruh urat dan organ tubuh. Darah kemudian ….. karbondioksida kembali ke paru-paru yang kemudian Anda hembuskan keluar lewat hidung.

Kata berimbuhan yang tepat untuk melengkapi paragraph tersebut adalah ……
a.       Membuatkan dan mengalirkan
b.      Membawakan dan mengirimkan
c.       Mengalirkan dan membawakan
d.      Mengirimkan dan mengantarkan
e.      Mengantarkan dan mengangkut

Premis Umum
Seorang guru harus menjadi teladan bagi siswanya.
Premis Khusus
Ibu Astuti seorang guru.
Simpulan
……
31.   Kalimat yang tepat untuk melengkapi silogisme tersebut adalah ……
a.       Ibu Astuti harus menjadi teladan bagi siswanya.
b.      Semua Guru harus dapat diteladani siswanya.
c.       Siapapun yang jadi guru sama dengan Ibu Astuti.
d.      Ibu Astuti menjadi contoh guru-guru lain.
e.      Hendaknya guru dan siswa meneladani Ibu Astuti.

32.   Cermati kalimat dalam paragraf berikut !
Kata yang tepat untuk melengkapi titik-titik pada paragraf tersebut adalah…..
a.       Menetralisir dan penghilangan
b.      Menetralisasikan dan hilangkan
c.       Menetralkan dan hilangkan
d.      Menetralisasi dan menghilangkan
e.      Menetralisirkan dan kehilangan

33.   Cermati Kutipan Puisi berikut dengan sesame !

DENGAN PUISI, AKU BERNYANYI
Dengan puisi aku bernyanyi
Sampai senja umurku nanti
        Dengan puisi aku bercinta
        Berbatas cakrawala
Dengan puisi aku mengenag
Keabadian yang akan dating
        Dengan puisi aku menangis
        Jarum waktu bila kejam mengiris
Dengan puisi aku mengutuk
Napas zaman yang busuk
……..
Perkenankanlah kiranya
                                                                    Taufiq Ismail
Majas yang tepat untuk mengisi titik-titik adalah ……
a.       Dengan puisi aku berdo’a
b.      Tiada yang tahu perasaanku
c.       Jawablah pertanyaanku ini
d.      Tuhan akan menyayangi umat-Nya
e.      Kupersembahkan nyanyian ini untukmu

34.   Cermati kata yang tercetak miring dalam paragraf berikut !

Kemampuan berfikir seseorang dapat dikembangkan melalui proses pendidikan yang cukup komplek dan sarat makna. Sistem pendidikan perlu dirancang dengan seksama.
Perbaikan penulisan kata yang tercetak miring dalam paragraf tersebut adalah…..
a.       Berfikir, komplek, sistym, saksama
b.      Berpikir, kompleck, sistym, saksama
c.       Berpikir, kompleks, sistem, saksama
d.      Berfikir, complek, sistym, sesama
e.      Berpikir, compleks, sistem, saksama

35.   Setelah menganalisa penyakit pasiennya, dokter praktek itu memberi resep pasien untuk membeli obat di apotik terdekat.
Kata baku untuk kata  yang tercetak miring dalam kalimat tersebut adalah….
a.       Menganalisys – praktek – apotik
b.      Menganalisis – praktek – apotek
c.       Menganalisys – praktik – politik
d.      Meganalisa – praktek – apotek
e.      Menganalisis – praktik – apotek

36.   Cermati dialog berikut !
Eli        :  Indra, kamu lihat dompetku?
Indra : Dompet yang kau pegang tadi,   yang berwarna merah
Eli        :  Ya, betul, di mana sekarang ?
Indra :   ……..
Eli        :  oh, ya maaf aku lupa, terima kasih kau telah mengingatkanku.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut adalah …….
a.       Bukankah tadi kamu titipkan kepadaku?
b.      Carilah dulu sebelum bertanya kepadaku.
c.       Mana saya tahu, itu kan dompetmu sendiri.
d.      Kamu bertanya kepada saya atau pada orang lain.
e.      Lain kali kamu berhati-hati menyimpannya, ya.

Paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 37 s.d 39.
Bacalah paragraf berikut dengan saksama!
1)       Obyek wisata Pangandaran menyediakan transportasi rekreasi untuk memudahkan wisatawan menikmati keindahan pantai.
2)       Wisatawan Domestik maupun mancanegara dapat menggunakan transportasi untuk menikmati keindahan alam.
3)       Di sepanjang tepi Pantai Pangandaran terlihat berjejer perahu untuk disewakan.
4)       Dengan biaya Rp. 1.000,00 saja per orang, para wisatawan dapat berputar di sekitar pantai dan menikmati keindahan taman laut.
5)       Para pedagang ikut meramaikan situasi Pantai Pangandaran.

37.   Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor …..
a.       (1)                                                      d.   (4)
b.      (2)                                                      e.   (5)
c.       (3)

38.   Makna kata domestik dalam paragraf tersebut adalah….
a.       Asli Indonesia                d.  luar negeri
b.      Pribumi                            e.  kenegaraan
c.       Dalam negeri


39.   Kalimat penjelas yang tidak mendukung kalimat utama dalam paragraf tersebut adalah nomor ……
a.       (1)                                                      d.   (4)
b.      (2)                                                      e.   (5)
c.       (3)

40.   Cermatilah paragraf berikut!
Ujung Genteng sangat menawan. Lengkung biru langit berakhir di atas riak ombak Samudra Hindia. Matahari merah bundar di saat menjelang tenggelam seakan membiaskan cahaya. Di beberapa sisi pantai terlihat batu karang kokoh ……
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah…..
a.       Pantai Ujung Genteng juga memiliki karakteristik umumnya pantai selatan di Pulau Jawa.
b.      Karang-karang kokoh alami itu membaur dengan pasir nan putih.
c.       Pemandangan di atas adalah sebuah kisah keseharian nelayan Ujung Genteng.
d.      Sementara cahaya temaram, terhalang awan pekat.

0 komentar:

Posting Komentar