Kamis, 03 Mei 2012

SOAL INTENSIF 2010.2

INTENSIF PAKET-2
1 . Teknologi BBG untuk kendaraan bermotor sudah lama diterapkan di Italia, yaitu sejak 1934. Kemudian disusul negara lainnya seperti Amerika Serikat, selandia baru, kanada, Argentina, Malaysia, Brasil, dan Rusia. Di Indonesia, sebelum BBG dipasarkan terlebih dahulu dilakukan uji coba oleh suatu tim Evaluasi Teknik Proyek percontohan. Dan ternyata BBg layak untuk dipakai kendaraan bermotor.
Kalimat yang tepat sesuai dengan fakta dalam paragraf di atas adalah ….
a. Apakah Indonesia sudah lama menggunakan teknologi BBG?
b. Sejak tahun berapa Indonesia mulai menggunakan teknologi BBG?
c. Bagaimanakah penggunaan BBG yang benar?
d. Siapakah yang pertama kali menggunakan BBG?
e. Bagaimanakah mengetahui layak tidaknya BBG untuk digunakan?

2 . Agar pernyataan di atas tidak berhenti sebagai verbal, lima peristiwa selama perbukuan selama tiga bulan terakhir, akan disampaikan sebagai pertimbangan. Pertama, haruslah dilakukan perunutan proses terjadinya praktek yang berbau KKN dalam proyek-proyek buku yang selama ini didanai utang Bank Dunia. Perunutan itu menunjukkan secara tegas stasiun dan anak tangga setiap proses penilaian. Ambil contoh buku pokok bahasa inggris SLTP yang ditarik dari peredaran. Mestilah ditelusuri mu lai dari order yang diperoleh dari para penulisnya dan proses penilaian berikut percetakan, penerbitan, dan pendistribusiann ya, sampai kesalahan-kesalahan fatal yang tetep dibiarkan. Tanpa ada penindakan hukum sebagai langkah berikutnya, temuan-temuan itu sia-sia.
Kedua, meskipun pembebasan PPN 10 persen mustahil menurunkan harga buku hingga 50 persen, secarapsikologis realisasinya menunjukkan keseriusan pemerintah menempatkan buku tidak sekedar sebagai komoditas dagang. Itulah komitmen minimal keseriusan pemerintah mencerdaskan bangsa, dengan harapan semakin banyak warga bangsa bisa memperoleh informasi dan pengetahuan lewat buku yang dimiliki.
Ketiga, mengembalkan visi Ikapi seperti saat didirikan, secara riil berkaitan dengan soal menyeleksi bahan yang masuk dan pilihan topic atau judul yang diterbitkan. Di saat reformasi mulai ditafsirkan “serba boleh”, menerbitkan buku-buku tetaplah dengan memepertimbangkan dampak psikologis-sosiologis budaya pembaca Indonesia. Menerbitkan buku-buku kurang mengindahkan tata kesantunan dan kepantasan dalam soal seks misalnya, perlu dimasukkan sebagai pertimbangan bahwa buku itu dilihat, dipegang, dan dibaca semua umur, apalagi ditempatkan dalam rak-rak toko dengan counter buku baru.
Tajuk Rencana Kompas Oktober 1998.
Gagasan pokok dalam penggalan tajuk rencana di atas adalah ….
a.    Lima peristiwa dalam sepekan yang berkaitan dengan penerbitan pembukuan.
b.   Perlunya dihindarkan praktek KKN dalam perbukuan.
c.    Penurunan PPN 10 persen tidak mungkin menurunkan harga 50 persen.
d.   IKAPI harus bertindak tegas terhadap penyimpangan dalam praktik perbukuan.
e.    Penerbitan buku hendaknya tetap memperhatikan kesantunan dalam menyampaikan gagasan.

3 . Kalimat yang digunakan di dalam makalah diskusi adalah …
a. Penjelasan ini disampaikan berdasarkan fakta yang tidak diragukan lagi kebenarannya.
b. Kami berharap seoga saran yang kami sampaikan bermanfaat untuk pemakalah.
c. Kita harus memaklumi bahwa masalah yang sedang dibahas adalah masalah bersama, hendaknya jangan menyimpang.
d. Silahkan anda baca sumber lain yang berkaitan dengan masalah ini.
e. Kesimpulan yang anda kemukakan sudah bagus, namun akan lebih bagus bia dilengkapi dengan fakta.

4 . Fakta yang dapat dimasukkan kedalam kalimat laporan adalah ….
a.       Menurut perkiraan para ahli ada sekitar 1500 jenis ular.
b.      Binatang melata pada umumnya dapat berfungsi ikut menyeimbangkan alam
c.       Pembahasan rinci mengenai masalah tersebut akan dilanjutkan pada pertemuan yangakan datang.
d.      Benarkah binatang buas perlu dibantai?
e.    Mudah-mudahan para peserta dapat memahami

5 . Kakek mengeleng-gelengkan kepalanya ketika mendengarkan nyanyian cucunya. Makna kata ulang dalam kalimat di atas adalah ….
a.          melakukan pekerjaan bersama-sama
b.         melakukan pekerjaan berulang-ulang
c.          menyatakan senang
d.         menyatakan saling
e.          menyatakan keadaan

6 .1. Bersama surat ini dikirimkan barang    pesanan Anda
2. Kami turut bangga atas keberhasilan keluarga anda
3. Besar maksud kami akan keberhasilan permohonan ini
4. Apabila sudah diterima harap memberikan kabar lewat surat
5. Melalui surat ini diinformasikan bahwa anda diterima sebagai karyawan baru
Kalimat diatas yang menyatakan harapan adalah nomor ….
a. 1 dan 2                b.. 3 dan 4       c. 1 dan 3
d. 3 dan 5                           e. 2 dan 4

7 .  Bacalah ilustrasi berikut!
Untuk. memperingati hari Sumpah Pemuda, OSIS SMA Merah. Putih akan mengadakan lomba pidato, Sabtu 16 Oktober 2004. Kalimat pengumuman yang tepat sesuai dengan kegiatan di atas adalah
a.    Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, OSIS SMA Merah Putih akan mengadakan lomba pidato pada hari Sabtu, 16 Oktober 2004 bagi seluruh siswa-siswi SMA Merah Putih.
b.   OSIS SMA Merah Putih beritahukan kepada siswa-siswi SMA Merah Putih bahwa OSIS akan mengadakan lomba pidato dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, Sabtu, 16 Oktober 2004
c.    OSIS SMA Merah Putih. akan mengadakan berbagai lomba pidato dalam rangkamemperingati hari Sumpah Pemuda, Sabtu, 16 Oktober 2004.
d.   Diberitahukan kepada siswa-siswi SMA Merah Putih, dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, OSIS SMA Merah Putih, akan menyelenggarakan lomba pidato, Sabtu, Oktober 2004.
e.       Diberitahukan, OSIS SMA Merah Putih akan diselenggarakan lomba pidato dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, Sabtu, 16 Oktober 2004.

8 . Bacalah paragraf berikut !
Dengan berolahraga, badan kita menjadi sehat dan terhindar dari penyakit akibat kegemukan. Pikiran yang telah jenuh menjadi segar kembali dan bersemangat. Bakat dan hobi yang terpendam dapat disalurkan dan dikembangkan sehingga dapat menciptakan prestasi karena waktu luang dimanfaatkan dengan berolahraga, kita terhindari dari perbuatan yang merugikan. Karena banyak bergaul, pandangan kita tidak sempit dan sikap kita terpupuk menjadi toleran dan sportif.
Kalimat kesimpulan yang sesuai dengan isi paragraf adalah ... .
a.       Itulah dampak yang kita rasakan dari berolahraga.
b.      Jelaslah efek olahraga itu bagi tubuh dan jiwa kita.
c.       Jadi, berolahragalah dengan teratur dan sebaik-baiknya
d.      Tidak salah rupanya, semboyan "mengolahragakan masyarakat, memasyarakatkan olahraga."
e.       Maka, berolahraga harus dimasyarakatkan segera.

9 . Bacalah paragraf berikut !
Mary, William, dan Andy bersahabat sejak di bangku SMA setelah mengikuti SPMB ternyata ketiganya diterima di UI jurusan ilmu komputer. Mary yang lebih awal menjadi sarjana dengan mudah memperoleh pekerjaan. Demikian halnya dengan William dan Andy setelah lulus mereka langsung diterima di perusahaan asing.Kalimat yang tepat untuk mengakhiri paragraf tersebut adalah ... .
a.       Mary, William, dan Andy adalah mahasiswa.yang cerdas.
b.      Ketiga sahabat ini mempunyai nasib yang baik.
c.       Jadi, sarjana ilmu komputer tamatan UI.mudah memperoleh pekerjaan.
d.      Bila ingin cepat bekerja kuliah di Universitas Indonesia
e.       Setiap orang yang pintar mempunyai rezeki yang baik.

10 . Binatang yang akan dimasukkan ke dalam wilayah Indonesia harus dikarantina. Moli binatang yang akan dimasukkan ke dalam wilayah Indonesia.
Kalimat yang. berupa simpulan silogisme di atas adalah … .
a.  Moli akan dimasukkan ke dalam wilayah Indonesia.
b.   Moli adalah binatang yang di karantina.
c.       Moli tidak harus dikarantina.
d.      Moli harus dikarantina
e.       Moli termasuk binatang.

11 . Bacalah paragraf sebab akibat berikut!
"Mata rantai yang panjang juga berimbas pada sektor hulu. Para pedagang besar menekan harga di tingkat petani karena mahalnya biaya distribusi. Sementara, sistem distribusi seperti ini juga sangat memengaruhi kualitas buah karena semakin panjang dan rumitnya sistem distribusi ...." kata ketua Himpunan Perbuahan Indonesia, Rudy Senjaya di Jakarta, Selasa (27/7).
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf sebab akibat di atas adalah ... .
a.    Jadi keberadaan sistem distribusi ditinjau lagi.
b.   Maka akan semakin lama buah sampai ke konsumen.
c.    Karena itu, pengiriman buah ke pelanggan ditiadakan.
d.   Maka dari itu ini memerlukan pemikiran serius.
e.    Konsumen juga harus dapat memahami keadaan ini.

12. Seorang siswa membuat sebuah karya tulis bertemakan "Pantun". Rumusan latar belakang berikut ini yang tidak sesuai dengan tema karya tulis tersebut adalah ... .
a.       Banyak ditemukan bentuk-bentuk pantun yang tidak memenuhi aturan yang berlaku.
b.      Pantun sekarang tidak lagi dikenal masyarakat, terutama kaum muda.
c.       Acara "Berbalas Pantun" di televisi ternyata peminatnya sangat banyak.
d.      Banyak dijumpai pantun baru hasil ciptaan para remaja yang menarik
e.       Banyak lagu-lagu yang syairnya ternyata berbentuk pantun.

13. Bacalah bacaan berikut!
Kebakaran hutan seperti tak terbendung. Empat miliar dolar hangus hanya dalam setahun. Ketika hutan Kalimantan dibongkar, sumber air dan kehidupan tropis pun menjadi tandus serta menjelma jadi bisnis kayu dan kelapa sawit maka kebakaran hanyalah persoalan waktu. Ia selalu siap mewujud, menunggu pemantik apinya yang datang bersama kemarau.
Kalimantan menyimpan catatan panjang tentang api dan asap. Seperti halnya Borneo juga tuan rumah bagi api. Lidah-lidah merah itu selalu menghampiri pulau tersebut sejak awal abad ini. Memang, tak hanya hutan Borneo yang membara empat tahun lalu. Setengah juta hektar hutan di seluruh Indonesia musnah dilalap api.
Judul yang tepat sesuai isi bacaan tersebut adalah ... .
a.       Hutan di Indonesia Musnah Dilalap Si Jago Merah
b.      Kalimantan Rentan dengan Kebakaran Hutan
c.       Borneo Tuan Rumah bagi Si Jago Merah
d.      Kalimantan Tandus karena Hutan Dibongkar
e.       Kalimantan Jadi Bisnis Kayu dan Kelapa Sawit

14. Perhatikan kesimpulan karya tulis berikut!
Berdasarkan uraian-uraian tersebut, jelaslah bahwa minat dan apresiasi sastra siswa SMA terhadap puisi cukup tinggi.
Kalimat saran yang sesuai dengan kesimpulan isi karya tulis tersebut adalah .
a.       Hendaknya sekolah-sekolah mengundang para penyair untuk membacakan puisi-puisinya.
b.      Hendaknya pemerintah menyediakan gedung khusus pengembangan sastra.
c.       Hendaknya siswa SMA mengumpulkan bermacam-macam puisi dan membukukannya.
d.      Hendaknya lomba baca puisi dapat dijadikan kegiatan intrakurikuler dalam kurikulum sekolah.
e.       Hendaknya minat dan apresiasi puisi yang telah dimiliki siswa lebih dikembangkan lagi.

15. Bacalah ilustrasi berikut!
Dalam rangka merayakan HUT RI ke-59 OSIS SMA Milenium mengadakan berbagai acara perlombaan. Perlombaan-perlombaan yang dipertandingkan antara lain lomba olahraga dan kesenian.
Kalimat berisi tujuan yang tepat sesuai dengan penulisan proposal di atas adalah ...
a.       Mengikutsertakan siswa dan warga sekolah lainnya untuk memupuk semangat atau jiwa nasionalisme.
b.      Untuk memeriahkan HUT RI ke-59, serta mengembangkan daya kreasi siswa.
c.       Untuk memupuk. rasa cinta tanah air para pelajar pada umumnya dan pelajar SMA Milenium pada khususnya.
d.      Untuk mencari olahragawan yang baik dan seniman yang profesional.
e.       Selain merayakan HUT RI ke-59, kegiatan ini juga bertujuan mengajarkan kepada para siswa dalam mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif dan sekaligus mengembangkan daya kreasi.
.
16. Bacalah paragraf berikut!
Gagasan Muhammad Yamin mengenai pentingnya mempersatukan bangsa dengan cara menyatukan bahasa, patut diacungkan jempol. Dengan usianya yang masih muda, belia itu, Muhammad Yamin sudah memiliki rasa kebangsaan yang tinggi. Peran Muhammad Yamin dalam mengangkat bahasa Melayu menjadi bahasa indonesia dan memajukan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan, diakui oleh pakar sejarah. Hampir semua buku sejarah menyinggung Muhammad Yamin sebagai pencetus gagasan diselenggarakannya Kongres Pemuda 28 Oktober 1928 itu, yang menghasilkan tiga butir Sumpah pemuda yang salah satu isinya berbunyi menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Pendapat terhadap keteladanan tokoh Muhammad Yamin yang sesuai dengan. isi paragraph tersebut adalah ... .
a.          Muhammad Yamin salah seorang pejuang bangsa Indonesia.
b.      Pencetus ide persatuan bangsa dengan mempersatukan bahasa di Nusantara.
c.       Seorang pemuda patriotik sejati yang patut ditiru kaum muda zaman sekarang.
d.      Pencetus bahasa persatuan dalam Sumpah Pemuda (28 Oktober 1928).
e.       Ketua Indonesia Muda (1928), anggota Partindo, dan anggota volksraad.

17 . Saran-saran dari peserta rapat dalam rapat kelas adalah sebagai berikut :
(1) Marni : Kelas 3 IPA-1 harus memiliki kasa karena uang kas sangat diperlukan
untuk kita dan kelas kita.
(2) Somat : Memperkuat saran Marni dan menyarankan besar iuran per minggu Rp 1.000,00
(3) Linda : Menyetujui saran teman-teman dan menyarankan kegunaan uang kas tersebut antara lain untuk keperluan kelas, alat tulis; alat kebersihan kelas, dan keindahan kelas, untuk keperluan sosial : bantuan siswa yang dirawat, kena musibah, dan kegiatan sosial yang dianggap penting.
(4) Nurdin : Menyetujui saran teman-teman dan mengusulkan waktu mulai iuran terhitung dari minggu pertama/awal semester satu ini.
Kalimat yang berupa keputusan rapat berdasarkan saran-saran tersebut adalah ...
a.       Untuk kas diperoleh dari iuran siswa dan jumlahnya harus berdasarkan kesepakatan dengan siswa terlebih dahulu.
b.      Kelas 3 IPA harus mempunyai kas dari iuran siswa sejumlah Rp 1.000,00 per
siswa per minggu yang akan digunakan untuk keperluan kelas dan sosial.
c.       Penyetujuan jumlah iuran, kegunaan iuran, darimana sumber iuran harus ditetapkan oleh warga kelas.
d.      Iuran adalah milik kelas dan boleh digunakan untuk kepentingan kelas itu sendiri dan sosial.
e.       Uang Rp 1000,00 adalah iuran rutin yang harus dibayar semua siswa dengan penuh tanggung jawab.

18. Perhatikan dialog berikut!
Dony : Bagaimana realisasi majalah dinding di sekolah kita?
Jerry : Cukup baik dan sudah mengikuti imbauan kepala,sekolah.
Dony : Pengertian baik yang Anda maksudkan ditinjau dari segi apa?
Jerry : ........
Kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut adalah ... .
a.       Baik dari diri saya sendiri maupun dari berbagai pihak
b.      Dari segi kertas, penampilan, dan kelengkapan isinya.
c.       Baik menurut pendapat orang-orang di sekitar sekolah.
d.      Baik dari segi biaya dan waktu.
e.       Segi kesiapan, kenyamanan, dan lain sebagainya.

19 . Perhatikan paragraf berikut!
Krisis ekonomi sekarang ini telah melanda penduduk miskin di Indonesia. Mereka sulit mendapatkan makanan, terlebih yang tinggal di daerah kumuh. Pemerintah pernah memberikan bantuan dalam bentuk makanan dan obat-obatan namun belum merata dan tidak mencukupi.
Kalimat persuasif sesuai dengan ilustrasi di atas adalah … .
a.       Kita sangat prihatin terhadap penduduk miskin yang dilanda krisis ekonomi.
b.      Krisis ekonomi membuat penduduk miskin menderita kelaparan dan seharusnya pemerintah membantu.
c.       Mari kita sisipkan sebagian harta kita untuk membantu kesulitan penduduk miskin.
d.      Oleh karena itu, kita harus membantu pemerintah mengatasi krisis moneter dan krisis ekonomi.
e.       Kita tidak boleh membuang makanan sembarangan karena penduduk miskin sangat membutuhkan.

20. Perhatikan ilustrasi berikut!
Kegiatan malam kesenian yang akan dilaksanakan oleh OSIS SMA 2000 diawali dengan berbagai sambutan salah satu sambutan akan disampaikan oleh Kepala Sekolah.
Kalimat yang tepat untuk mempersilakan Kepala Sekolah menyampaikan sambutan sesuai ilustrasi adalah .. .
a.       Kepala Sekolah diharap menyampaikan sambutan pada Malam Kesenian SMAN 1 Surabaya.
b.      Kami persilakan kepada Bapak Kepala Sekolah menyampaikan kata sambutannya.
c.       Sambutan selanjutnya akan disampaikan Kepala Sekolah, Kepala Sekolah kami persilakan.
d.      Kepala sekolah kami harap memberi sambutan pada malam ini.
e.       Kepada Bapak Kepala Sekolah diharap menyampaikan kata sambutan beliau.

21. Perhatikan ilustrasi berikut!
Sekolah kami akan mengadakan peringatan Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei besok.
Acara digelar di lapangan sekolah. Untuk memeriahkan acara, OSIS mengadakan pameran berbagai karya siswa, seperti poster, kumpulan puisi, cerpen, majalah dinding, lukisan, prakarya, dan masih banyak lagi hasil karya yang lain. Sebelum acara resmi dibuka, Ketua OSIS memberikan sambutan.
Kalimat pembuka sambutan yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah ... .
a.       Teman-teman saya, Bapak dan Ibu guru yang berbahagia, marilah kita sambut acara peringatan ini dengan rasa gembira, inilah karya teman-teman kita, yang mana karya ini sangat bernilai sebab merekalah yang membuatnya.
b.      Tak lupa kami mengucapkan selamat berkumpul di lapangan ini sambil menikmati karya teman-teman kita semua, tetapi terlebih dahulu kita haruslah bersyukur kepada Tuhan karena telah berkumpul di sini dengan izin-Nya.
c.       Tidak ada yang pantas saya ucapkan selain puji syukur kepada Tuhan yang telah mengizinkan kita berkumpul di sini guna untuk memperingati, acara bersejarah ini.
d.      Terlebih dahulu izinkanlah saya berdiri di sini untuk memberikan sambutan untuk membuka acara pameran kita dalam memeriahkan acara Pendidikan Nasional yang berbeda dengan acara sebelumnya.
e.       Bapak-bapak, Ibu-ibu, teman-teman yang berbahagia, puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan karena karunia-Nya kita dapat berkumpul di sini untuk merayakan hari bersejarah, yaitu Hari Pendidikan Nasional.

22. Perhatikan ilustrasi berikut!
Biro Hukum Pemerintah Propinsi DKI Jakarta mengadakan penyuluhan kampanye kesadaran hukum pelajar di sekolah Anda dengan topik "tertib lalu lintas dan angkutan jalan". Pada kesempatan tersebut, siswa dipersilakan untuk bertanya kepada pembicara.
Pertanyaan yang sesuai dengan topi dalam ilustrasi tersebut adalah ... .
a.       Apakah yang menyebabkan lalu lintas menuju tempat kerja macet?
b.      Apakah Anda harus menaati semua peraturan tertib lalu lintas?
c.       Apa yang dapat dilakukan oleh siswa dalam membantu tertib berlalu lintas, Pak?
d.      Mengapa tertib berlalu lintas tidak perlu dilaksanakan oleh setiap orang, Pak?
e.       Kapankah dan di mana sajakah saya harus menaati tertib berlalulintas?

23. Ibu menunggu saja di luar karena dokter belum datang," kata perawat itu.
Kalimat yang menggunakan. kata yang mengalami perubahan makna sejenis dengan kalimat di atas adalah ... .
a.       Saudara-saudara kami persilakan untuk menikmati hidangan alakadarnya.
b.      Perempuan yang memakai kaos merah itu ternyata temanku waktu di SLTP.
c.       Wanita yang berkebaya hijau itu tampak anggun dengan model sanggulnya.
d.      Pesawat telepon di rumahku sejak dua minggu yang lalu tidak berfungsi.
e.       Ibu saya selalu memberi nasihat agar rajin belajar demi masa depan.

24. Penggunaan imbuhan serapan yang tepat terdapat pada kalimat ... .
a. Obat-obatan alamiah mulai digemari masyarakat:
b. Albert Einstein fisikawan yang diakui dunia.
c. Kebaktian itu dipimpin oleh rohaniawan terkenal.
d. Di Indonesia belum banyak biologiawan yang sukses.
e. Selain sejarahwan, Nugroho Notosusanto adalah sastrawan.
25. Kalimat yang tidak menggunakan partikel asing secara benar adalah ... .
a. Orang tua itu ternyata tuna rungu.
b. Kamu jangan mempunyai praduga jelek kepadaku.
c. Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah sangat bervariasi.
d. Program transmigrasi saat ini kurang mendapatkan perhatian.
e. Aku sudah nonaktif dalam kegiatan OSIS di sekolah.

26. Pengimbuhan me-kan yang tepat terdapat dalam kalimat ... .
a.  Televisi swasta acapkali mentayangkan sinetron picisan.
b.  Aparat pemerintah hams mensukseskan pemilu tahun 2004,
c.    Pemerintah segera mensosialisasikan kurikulum KBK kepada masyarakat.
d.         Mereka mengkaitkan krisis ekonomi dengan daya beli masyarakat.
e.    Dengan mudah ia dapat menafsirkan harga barang yang dilelang.

27. Banyak angkutan umum tidak mengambil penumpang di perhentian bus.
Makna imbuhan ke-an yang semakna dengan per-an diatas adalah ... .
a.       Kerajaan Sriwijaya ada di sumatera selatan.
b.      Rumahnya dicat dengan warna kebiru-biruan.
c.       Walaupun masih gadis, ia sangat keibuan.
d.      Kemandirian anak itu sudah tampak sejak kecil.
e.       Dewasa ini kejahatan di kota besar semakin meningkat.

28. Melihat lukisan itu ia terpesona.
Makna imbuhan ter- pada kalimat di atas sama dengan kalimat ... .
a.       Karangan yang terbaik yang mendapat hadiah.
b.      Peti seberat itu terangkat juga olehku.
c.       Bukunya terbawa oleh anak itu.
d.      Dia mati terbunuh tadi malam.
e.       Gadis itu tersenyum manis saat kusalami.

29. Pak Mandra membangun rumah bertingkat.
Kalimat yang menggunakan frase atribut berimbuhan seperti di atas terdapat pada kalimat … .
a.       Anak itu malas pergi ke sekolah.
b.      Hari ini saya belajar bahasa Indonesia
c.       Indonesia memiliki banyak pahlawan.
d.      Anak itu pengunjung setia taman bacaan.
e.       Kemarin ia dijemput ayahnya pukul 15.30.

30. Yang bukan kalimat mayor dalam percakapan di bawah ini adalah ... .
a.       Cecep : Apa yang kamu renungi,     Bang?
b.      Hakam : (Terkejut sambil berkata) Tidak ada yang direnungkan.
c.       Cecep : Sini duduk, mau merokok?
d.      Hakam : Tidak
e.       Cecep : Ah, jangan sombong begitu kau.

31. Tetapi Papi rupa-rupanya tidak berkeberatan aku bergaul dengan anak-anak sepandri atau serdadu krocuk. Tentulah Papi harus menjaga gengsi dan secara resmi harus memarahi aku. Sebab itu letnan dan Raden Mas dari keluarga raja Mangkunegaran. Akan tetapi, aku merasa, papi tidak berkeberatan, atau paling sedikit membiarkan aku punya kawan-kawan bermain dari kalangan ploletar tangsi. Pernah di kamar aku mendengar mami protes keras dan menuduh papi kurang mendidik anaknya. Dan kalau tidak salah papi bilang tentang pengalaman hidup praktis, kelak si anak, kalau jadi komandan atau pegawai tinggi, dapat beruntung berkat pergaulan dengan lapisan bawahan dan sebagainya atau semacam itu. Kelak sesudah aku menjadi pelajar HBS dalam suatu kesempatan kol segala kerabat istana Mangkunegaran, papi mengajakku memasuki ruang keramat di belakang pinggiran istana yang disebut dalem. Dan memberi petuah. dalem artinya ruang dalam, ruang keramat, ruang pemilik istana. Siapa pemilik istana? Bukan Gusti Raja Mangkunegaran melainkan Dewi Sri.
Burung-Burung Manyar, Y.B. Mangunwijaya
Latar yang tergambar dalam penggalan novel di atas adalah ... .
a.    Kelak                           b. ruang dalam
c.    malam hari                   d. di kamar
e.  ruang pemilik istana

32. Waktu bangun pagi-pagi Noerdin merasa badannya kurang enak. Sehari itu ia tidak
bekerja dan panasnya amat tinggi. Malamnya makin bertambah juga panasnya, dan ia pun sudah igau-igauan. Lain tidak yang disebutnya ialah Rukmini juga. Besoknya adalah demamnya agak turun sedikit, tetapi bukan main rindunya, hendak bertemu Rukmini. Dengan tidak malu lagi disuruhnya jemput Rukmini hari itu juga dengan autonya.
Darah Muda, Adinegoro
Sudut pandang pengarang yang digunakan dalam kutipan di atas adalah ... .
a.       orang pertama sebagai tokoh utama
b.      orang pertama tokoh sampingan
c.       orang ketiga tokoh utama
d.      orang kedua dan orang pertama
e.       orang pertama dan orang ketiga

33 . ..............
Kau tak akan mengerti bagaimana kesepianku
menghadapi kemerdekaan tanpa cinta
kau tak akan mengerti segala lukaku
karena cinta telah sembunyikan pisaunya.
Membayangkan wajahmu adalah siksa.
Kesepian adalah ketakutan dan  kelumpuhan.
Engkau telah menjadi racun bagi darahku.
Apabila aku dalam kangen dan sepi
itulah berarti
aku tungku tanpa api.
Rendra
Tema puisi di atas adalah .... .
a.       kegelisahan                b. kemerdekaan
c.       ketakutan  d.kelumpuhan  e. kerinduan

34. Jika bayang telah pudar
dan elang laut pulang ke sarang
angin bertiup ke benua
Tiap-tiap akan kering sendiri
dan nahkoda sudah tau pedoman
boleh engkau datang padaku
                     Surat dari Ibu, Asrul Sani
Makna lambang dari "dan nahkoda sudah tahu pedoman" adalah ... .
a.    sudah mencari pedoman hidup
b.   sudah menemukan arah dan tujuan
c.    sudah mempunyai pasangan hidup
d.   sudah berilmu dan berpengalaman
e.    sudah menjadi nahkoda berpengalaman

     Untuk soal nomor 35 sampai 37, Bacalah penggalan cerpen berikut!
Setelah sampai waktunya diadakan pemeriksaan ternyata rencanaku mendapat pilihan utama dan mendapatkan hadiah pertama. Aku ingin melihat namaku tercantum dalam surat kabar. Surat kabar sebagai pemenang pertama. Setelah kubaca surat kabar, akhirnya nama pemenangnya aku, juga diumumkan. Tapi, hanya pada sebuah surat kabar dan hanya seklumit saja. Tanpa komentar apa-apa, akhirnya panitia sayembara memutuskan hadiah pertama jatuh pada (lalu disebut nama pemenang). Tapi, untuk menyebut namaku, Samsudin Jaya, wah salah cetak pula menjadi Alaudin Basah. Padahal keinginan yang paling utama dari sebuah kerja kerasku adalah :Aku ingin terkenal ke seluruh dunia, setidak-tidaknya ke seluruh Indonesia! Tapi saying, aku juga tidak dikenal orang.”

35.  Sudut pandang yang digunakan pengarang dalam kutipan cerpen adalah … .
a.       orang pertama pelaku sampingan
b.      orang ketiga serbatahu
c.       orang pertama dan ketiga
d.      orang pertama pelaku utama
e.       orang ketiga pelaku utama

36.  Watak “Aku” dalam kutipan cerpen tersebut adalah … .
a.       Egoistis       b. idealis         c. pesimistis
d.      Otoriter               e. ambisius

37.  Amanat pada penggalan cerpen tersebut adalah … .
a.       Untuk berhasil dalam berbagai hal harus berjuang mati-matian.
b.      Untuk dapat berhasil dalam suatu hal kita harus berani berkorban.
c.       Janganlah kita menginginkan sesuatu secara berlebihan, nanti kecewa.
d.      Berkorban dalam segala hal itu penting, demi sebuah keberhasilan.
e.       Kita harus mencanangkan cita-cita setinggi mungkin dengan berbagai cara.

Teks berikut untuk soal no 38 dan 39.
Bacalah teks berikut dengan seksama!
Demikian bunyi titah yang mahamulia: “bahwa beta minta perbuatkan hikayat pada bendahara peri peristiwa dan peraturan segala raja-raja Melayu dengan adat istiadatnya sekali, supaya diketahui oleh segala anak cucu kita yang kemudian daripada kita, diingatkan syahdan beroleh manfaat dari padanya. “Setelah Fahir, Alladzi murakkabun ala juhlin, mendengar demikian maka Fahir terkejutlah diri Fahir, dan minta taufuik kehadirat Tuhan Samiul Alam.(Sastra Melayu)

38.     Isi cerita Melayu klasik tersebut adalah …
a.       raja memerintahkan kepada rakyatnya untuk membuat sejarah Melayu agar diketahui anak cucunya.
b.      Fahir minta kepada raja untuk dapat mengingatkan anak cucu dengan membuat sejarah Melayu.
c.       Raja minta dibuatkan hikayat tentang peraturan dan adapt istiadat raja Melayu agar dikemudian hari diketahui oleh anak cucunya.
d.      Anak cucu kita harus memperoleh manfaat dari perbuatan yang dilakukan para raja Melayu dan tabu adapt kerajaan.
e.       Raja memerintahkan kepada Fahir agar anak cucunya meminta taufik ke hadirat Tuhan Samiul Alam.

39.  Nilai moral yang terkandung dalam kutipan hikayat tersebut adalah … .
a.       Raja mewariskan hal-hal yang baik untuk anak cucunya.
b.      Anak-cucu meminta taufik ke hadirat Tuhan.
c.       Adat istiadat harus diketahui oleh anak-cucu
d.      Anak-cucu harus taat pada peraturan rajanya.
e.       Raja mempertahankan adapt istiadat yang berlaku.

40.  perhatikan silogisme berikut!
PU    :  Semua pelajar yang ingin maju tidak mengkonsumsi narkoba
PK    :  Siswanto seorang pelajar yang ingin maju
S       :  ………………………..
Kalimat simpulan yang tepat untuk melengkapi silogisme tersebut adalah … .
a.       Siswanto seorang pelajar yang ingin maju, tidak mengonsumsi narkoba.
b.      Semua pelajar tidak menyalahgunakan narkoba.
c.       Siswanto tidak mengkonsumsi narkoba.
d.      Pelajar yang ingin tetap sehat tidak mengkonsumsi narkoba.
e.       Siswanto ingin tetap sehat, tidak mengonsumsi narkoba.

0 komentar:

Posting Komentar