RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Menulis Laporan Diskusi)
Nama Sekolah : SMA Negeri 16 Surabaya
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas / Semester : XII / 5
Tahun Ajaran : 2011 - 2012
Tema : Pendidikan
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
I. Standar Kompetensi :
1. Memehami informasi berbagai laporan
II. Kompetensi Dasar:
1.2. Mengomentari berbagai laporan lisan dengan memberikan kritik dan saran Memahami berbagai teks bacaan nonsastra dengan berbagai teknik membaca.
III. Indikator:
1. Kognitif
a. Produk:
● Menyimak rekaman diskusi atau debat TV One.
● Mencatat jalannya diskusi
● Mempresentasikan notulen
● Menanggapi presentasi kelompok lain
● Memberikan saran, kritik, terhadap hasil pekerjaan teman
● Menelis laporan diskusi kelas
● Mempresentasikan laporan diskusi kelas
● Menanggapi presentasi kelompok lain
● Memberikan saran, kritik, terhadap hasil pekerjaan teman
● Memberikan penilaian terhadap hasil pekerjaan teman sesuai dengan kriteria penilaian yang ditetapkan
b. Proses:
● Melaksanakan kegiatan :
1. Menyimak
2. Mencatat
3. Mempresentasikan
4. Menuliskan
5. Menganalisis
6. Mengkritik
7. Menilai
8. Menyimpulkan
2. Psikomotor:
a. Menyimak informasi secara langsung
b. Mempresentasikan hasil simakannya
c. Menuliskan ringkasan informasi yang disimak
IV. Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif
a. Produk:
- Disajikan rekaman diskusi atau debat, siswa dapat mencatat jalannya diskusi dengan cermat.
- Diberikan penugasan secara individual, siswa dapat mencatat pokok-pokok isi laporan dengan tepat..
- Diberikan penugasan secara berkelompok, siswa dapat mendiskusikan pokok-pokok isi laporan dengan tepat.
- Dikondisikan suasana diskusi kelas, siswa secara berkelompok dapat mempresentasikan hasil kerja kelompoknya dengan tepat.
- Dikondisikan suasana diskusi kelas, siswa dapat menanggapi presentasi kelompok lain dengan data penunjang dan menggunakan bahasa yang santun.
- Diberikan penugasan secara berkelompok, siswa dapat menuliskan laporan kegiatan sesuai dengan urutan penulisan laporang dan menggunakan bahasa baku yang tepat.
- Diberikan penugasan secara berkelompok, siswa dapat mempresentasikan hasil kerja kelompok dengan penuh tanggung jawab.
- Dikondisikan suasana diskusi kelas, siswa dapat menanggapi presentasi kelompok lain dengan data penunjang dan menggunakan bahasa yang santun.
- Diberikan penugasan secara mandiri, siswa dapat menuliskan laporan kegiatan dengan tepat.
- Diberikan kesempatan, siswa dapat menganisa hasil tugas mandiri teman berdasarkan kriteria yang disepakati dengan objektif dan penuh tanggung jawab..
- Diberikan kriteria penilaian, siswa dapat memberi kritik dan saran hasil tugas mandiri teman dengan menggunakan data penunjang yang tepat.
- Diberikan kriteria penilaian, siswa dapat menilai tugas mandiri teman secara objektif.
b. Proses
Disediakan seperangkat alat pendukung dan daftar penugasan yang ditentukan dalam LKS siswa dapat:
- Menyimak laporan dengan cermat
- Mengerjakan daftar tugas siswa dengan tepat
- Menjawab daftar pertanyaan dengan tepat
- Menilai tugas teman sesuai dengan format penilain yang dtentukan
- Mengerjakan Lembar kerja siswa sesuai dengan yang ditentukan.
2. Psikomotor
Disediakan seperangkat alat dan bahan simakan sesuai dengan rincian tugas yang ditentukan di LKS meliputi:
- Menyimak laporan dengan sungguh-sungguh
- Menuliskan pokok-pokok laporan
3. Afektif:
- Terlibat aktif dalam pembelajaran dan menunjukkan karakter berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja teliti, jujur, dan berperilaku santun sesuai LP: pengamatan perilaku berkarakter.
- Bekerjasama dalam kegiatan praktik dan aktif menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain dalam diskusi sesuai LP: Ketrampilan sosial.
Laporan Hasil Diskusi
Dalam pelajaran ini, Anda diharapkan dapat mengajukan
pertanyaan atau tanggapan dengan menggunakan alasan logis; mengemukakan
persetujuan atau penolakan dengan alasan yang logis; mengajukan
pertanyaan atau persetujuan dengan menggunakan kata sambung dalam
kalimat; dan dapat mengajukan argumentasi yang dapat mendukung atau
menentang pendapat pembicara.
Diskusi dapat dilakukan dalam forum-forum resmi, seperti
seminar, dialog, simposium, dan lain-lain. Dalam diskusi terdapat
seorang ketua, sekretaris, moderator, pembicara (narasumber), notulis,
dan peserta atau anggota diskusi.
Ketua bertugas memimpin anggota mulai dari persiapan,
pelaksanaan, dan penilaian diskusi. Sekretaris bertugas membantu ketua
dalam menyiapkan berbagai keperluan diskusi. Notulis bertugas mencatat
seluruh kegiatan dalam diskusi (dapat dirangkap oleh sekretaris).
Moderator bertugas mengatur jalannya kegiatan tanya jawab dan
mengendalikan jalannya diskusi. Moderator juga dapat dirangkap oleh
ketua. Pembicara (narasumber) bertugas menyajikan makalah dalam forum
diskusi.
Dalam diskusi, setiap peserta berhak mengajukan gagasan,
pendapat, pertanyaan, dan bentuk-bentuk aspirasi lainnya. Sikap bijak
yang tidak memaksakan kehendak dan tidak emosional adalah hal yang perlu
ditunjukkan dalam berdiskusi.
Hal penting yang harus diperhatikan dalam berdiskusi,
adalah ketika memberikan tanggapan atau sanggahan terhadap pendapat
orang lain. Anda harus menyampaikan persetujuan atau penolakan Anda
dengan bahasa yang santun. Hal ini bertujuan agar sanggahan Anda tidak
menyinggung perasaan orang lain.
Pada kesempatan ini, Anda akan belajar menyampaikan
persetujuan, penolakan, atau penyanggahan dengan menggunakan konjungsi
atau kata sambung antarkalimat, seperti tambahan pula, lagi pula, dan di samping itu. Selain itu, ketika memberikan sanggahan, Anda harus memiliki argumen yang jelas agar sanggahan diterima dengan baik.
Perhatikan contoh persetujuan dan penyanggahan berikut.
1. "Terima kasih Saudara moderator yang telah
memberikan kesempatan kepada saya. Saya setuju dengan konsep pendidikan
murah untuk masyarakat tidak mampu yang disampaikan oleh pembicara. Lagi pula, masyarakat kita sudah selayaknya mendapatkan pendidikan murah."
2. "Saudara moderator, saya tidak sependapat dengan apa yang
disampaikan oleh pembicara. Pendidikan murah, seharusnya, dilakukan
sejak dahulu, mengingat anggaran dana pendidikan dari pemerintah sudah
dianggarkan. Di samping itu, dana pendidikan dapat dijadikan biaya
operasional untuk membeli buku-buku pelajaran dan dibagikan secara
gratis ke sekolah."
Menulis Laporan Diskusi
Dalam pelajaran ini, Anda diharapkan dapat
mengidentifikasi unsur-unsur laporan hasil diskusi; menyusun laporan
hasil diskusi (kelas atau seminar); dan melengkapi laporan dengan
lampiran (daftar hadir, notula, dan lain-lain).
Dalam diskusi, pembicara, moderator, dan peserta
bersama-sama membahas suatu masalah untuk mendapatkan kesimpulan atau
kesepakatan. Suksesnya sebuah diskusi bergantung pada kepiawaian
moderator dan pembicara dalam menuntun peserta agar tercipta suasana
yang harmonis.
Selain itu, ada hal penting yang harus Anda perhatikan,
yaitu membuat laporan hasil diskusi. Setelah diskusi berjalan dengan
lancar sampai selesai, susunlah laporan hasil diskusi tersebut.
Perhatikan contoh laporan diskusi berikut.
Laporan Hasil Diskusi
Tema : ...............................................................................................................
Tujuan : ...............................................................................................................
Tanggal : ...............................................................................................................
Waktu : pukul ................................. s.d. ........................................
Tempat : .............................................................................................................
Kelompok : .............................................................................................................
Kelas : .............................................................................................................
Pembicara : .............................................................................................................
Ketua/Moderator : .............................................................................................................
Notulis/Penulis : .............................................................................................................
Anggota :
a. ..........................................................................................................
b ..........................................................................................................
c. .........................................................................................................
Permasalahan :
1. ........................................................................................................
2. ........................................................................................................
3. ........................................................................................................
Kesimpulan :Laporan diskusi tersebut merupakan laporan diskusi panel. Untuk diskusi dalam seminar, isi laporannya harus lebih lengkap. Perhatikan contoh laporan seminar berikut.
1. .......................................................................................................................
a. .............................................................................................................
b. .............................................................................................................
c. .............................................................................................................
2. ........................................................................................................................
a. ............................................................................................................
b. ............................................................................................................
c. ............................................................................................................
Ketua/Moderator Notulis
........................................................ ..........................................
Laporan Kegiatan Seminar
Tanggal : ............................................................................................................................................
Tempat : .............................................................................................................................................
Tema : .............................................................................................................................................
Tujuan :
1. ..................................................................................................................................................
2. ...................................................................................................................................................
3. ...................................................................................................................................................
Pokok permasalahan yang dibicarakan:
1. .........................................................................................................................................................
2. .........................................................................................................................................................
3. .........................................................................................................................................................
Pemakalah : .................................................................................................
Judul makalah : .................................................................................................
Penyelenggara : .................................................................................................
Susunan Panitia Penyelenggara :
1.Penanggung jawab : ..........................................................................................................
2. Ketua I : ..........................................................................................................
Ketua II : ..........................................................................................................
3. Bendahara I : ..........................................................................................................
Bendahara II : ..........................................................................................................
4. Sekretaris : ..........................................................................................................
5. Seksi-seksi : ..........................................................................................................
Jumlah peserta : .................................................................................... orang
Daftar hadir peserta terlampir.
Biaya Keseluruhan Rp...
1.
.................................................................................................................................................
2.
.................................................................................................................................................
3.
......................................................................................................................................
Kesimpulan dan Saran : ...............................................................................................
Panitia Penyelenggara
Ketua Sekretaris
..................................................
..........................................
Notula Diskusi
.....................................................
.....................................................
Tanggal : ............................................................................................................................................
Tempat : .............................................................................................................................................
Tema : .............................................................................................................................................
Tujuan : .............................................................................................................................................
Peserta Diskusi
Hadir : ...................... orang
Berhalangan : ...................... orang
Acara Diskusi:
1. Diskusi dibuka oleh pembawa acara/moderator
2. Memperkenalkan pembicara/narasumber (riwayat pendidikan, pekerjaan, dan lain-lain.)
3. Membahas/presentasi masalah oleh narasumber
4. Sesi tanya jawab
Pertanyaan peserta :
a ............................................................................................................
b. ..........................................................................................................
c. ...........................................................................................................
d. ...........................................................................................................
Jawaban narasumber :
a. ...............................................................................................................
b. ...............................................................................................................
c. ...............................................................................................................
d. ...............................................................................................................5. Kesimpulan Hasil Diskusi
6. Penutup (diskusi ditutup oleh moderator)
Pemimpin diskusi Notulis
............................................ ............................................
VI. Metode Pembelajaran
Metode CTL, Model Examples Non Exaples. Pembelajaran langsung yang ditunjukkan dengan sintaks-sintaks sebagai berikut:
1. Guru mempersiapkan rekaman video diskusi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
2. Guru memutarkan video rekaman diskusi
3. Guru membentuk kelompok siswa.
4. Tiap kelompok diberi kesempatan mempresentasikan hasil diskusinya
5. Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
6. Kesimpulan
Metode CTL model pembelajaran Demonstration
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Guru menyajikan gambaran sekilas materi yang akan disampaikan
3. Menyiapkan contoh yang diperlukan
4. Menunjuk salah seorang siswa untuk mendemontrasikan sesuai skenario yang telah disiapkan.
5. Seluruh siswa memperhatikan demontrasi dan menganalisanya.
6. Tiap siswa mengemukakan hasil analisanya dan juga pengalaman siswa didemontrasikan.
7. Guru membuat kesimpulan.
Metode pembelajaran berbasis IT
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
No |
Aktivitas Pembelajaran |
Penilaian |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
A |
Pendahuluan (10 menit) |
|
|
||
1 |
Motivasi dan Apersepsi: Pengecekan Guru melakukan pengecekan ruang belajar siswa, media yang dibutuhkan, dan laboratorium bahasa tempat berlangsungnya pembelajaran. (contoh nilai yang ditanamkan: tanggung jawab). (Sintaks 1) |
|
|
|
|
2 |
Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran: kognitif (produk, proses);
psikomotorik; dan afektif (keterampilan sosial dan perilaku
berkarakter). Guru memberi contoh kegiatan diskusi secara sederhab (Sintaks 1) (contoh nilai yang ditanamkan: tanggung jawab, persatuan, dan cinta sesama) |
|
|
|
|
B |
Kegiatan Inti (70 menit) |
|
|
||
1 |
Guru membagi 7 (tujuh ) kelompok yang terdiri dari 4-5 orang siswa dan membagikan LKS yang berisi tugas siswa (Sintaks 3). (contoh nilai yang ditanamkan: tanggung jawab, persatuan, dan cinta sesama) |
|
|
|
|
2 |
Difasilitasi oleh guru, siswa menyimak video rekaman diskusi (Sintaks 2) (contoh nilai yang ditanamkan: tanggung jawab, kejujuran, rasa ingin tahu) |
|
|
|
|
3 |
Siswa mencatat jalannya diskusi dan hal-hal yang terdapat dalam diskusi pada LKS-01 (Sintaks 4). (contoh nilai yang ditanamkan: tanggung jawab, kejujuran, rasa ingin tahu) |
|
|
|
|
4 |
Guru memfasilitasi setiap kelompok untuk melakukan diskusi
kelompok, untuk menentukan jawaban LKS 1. Guru melakukan penilaian
kinerja menggunakan LP-1 (contoh nilai yang ditanamkan: tanggung jawab, kejujuran, rasa ingin tahu, bekerja sama dan kerja keras) |
|
|
|
|
5 |
Guru memberikan arahan agar anggota kelompok dapat berdiskusi
secara santun, menghargai setiap perbedaan pendapat, dan bertanggung
jawab dalam mengerjakan tugas secara teliti (Sintaks 4). (contoh nilai yang ditanamkan: tanggung jawab, kejujuran, rasa ingin tahu, bekerja sama dan kerja keras) |
|
|
|
|
|
6 |
Dengan pemantauan guru, siswa secara kelompok bekerjasama menyusun ringkasan sebagai hasil diskusi. (Sintaks 4). (contoh nilai yang ditanamkan: tanggung jawab, kejujuran, rasa ingin tahu, bekerja sama dan kerja keras) |
|
|
|
|
|
7 |
Guru mengondisikan suasana diskusi kelas. Siswa (kelompok)
mempresentasikan hasil kerja kelompok. Siswa yang lain memperhatikan,
memberi saran dan kritik atas presentasi kelompok dengan menggunakan bahasa yang santun, menghagai pendapat orang lain, dan tanggung jawab ( Sintaks 5) |
|
|
|
|
|
8 |
Guru memoderatori diskusi kelas: ada kelompok menyampaikan
pendapat; sementara kelompok lain menanggapi, memberi pendapat, kritik
dengan bahasa yang santun dan menjadi pendengar yang baik untuk
memperoleh kesimpulan (Sintaks 5) |
|
|
|
|
|
9 |
Guru menginfentaris hasil diskusi kelas, mengelompokkan jawaban siswa dengan cara menuliskan jawaban siswa di papan tulis. Kerja
keras, tanggung jawab, kebebasan, kerja sama, kejujuran, berani
menyampaikan pendapat dan menanggapi pendapat orang lain. (Sintaks 5) |
|
|
|
|
|
11 |
Guru menjelaskan materi pembelajaran secara ringkas, dan membandingkan dengan hasil jawaban siswa. Kerja
keras, tanggung jawab, kebebasan, kerja sama, kejujuran, berani
menyampaikan pendapat dan menanggapi pendapat orang lain. (Sintaks 6) |
|
|
|
|
|
12 |
Guru membimbing siswa berfikir secara kreatif, kritis dan logis untuk menyimpulkan hasil pembelajaran (Sintaks 6) |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
C |
Penutup (10 menit) |
|
|
|||
1 |
Guru memberi penguatan siswa untuk berfikir secara kreatif, kritis dan logis dengan cara bertanya jawab tentang materi (Sintaks 6) |
|
|
|
|
|
2 |
Guru memberi waktu kepada siswa secara mandiri untuk meningkatkan rasa keingintahuan siswa dengan cara bertanya. (Sintaks 6) |
|
|
|
|
|
3 |
Guru meminta siswa untuk mempelajari cara meringkas wacana sebagai bahan pembelajaran pada pertemuan berikutnya. NK : tanggung jawab dan mandiri. (Sintaks 5) Tugas : 1. Tugas Terstruktur : Melaksanakan proses Menyimak dan Menulis Jalannya diskusi (LKS1)
|
|
|
|
|
No |
Aktivitas Pembelajaran |
Penilaian |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
A |
Pendahuluan (10 menit) |
|
|
||
1 |
Motivasi dan Apersepsi: Diberikan beberapa pertanyaan tentang kegiatan diskusi, siswa dengan rasa percaya diri dan tanggung jawab menjawab pertanyaan guru (Sintaks 1) |
|
|
|
|
2 |
Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran: kognitif (produk, proses);
psikomotorik; dan afektif (keterampilan sosial dan perilaku
berkarakter). (Sintaks 1) |
|
|
|
|
B |
Kegiatan Inti (70 menit) |
|
|
||
1 |
Guru dengan penuh tanggung jawab dan semangat menyukseskan hasil pembelajaran mempersiapkan media pembelajaran yang berbentuk powerpoin contoh notulen diskusi. (Sintaks 3) |
|
|
|
|
2 |
Guru dengan penuh tanggung jawab menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai setelah proses pembelajaran (Sintaks 1) |
|
|
|
|
3 |
Guru menjelaskan konsep yang harus dilakukan siswa dengan penuh tanggung jawab, sesuai petunjuk LKS (Sintaks 2) |
|
|
|
|
4 |
Guru memfasilitasi setiap siswa untuk mengerjakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan teliti
agar dapat menentukan kalimat fakta dan opini yang ada dalam wacana
dengan tepat. Guru melakukan penilaian kinerja menggunakan LP-2
(Sintaks 4) |
|
|
|
|
5 |
Guru membagi 7 (tujuh ) kelompok yang terdiri dari 4-5 orang siswa untuk mendiskusikan hasil jawaban siswa dengan penuh tanggung jawab, persatuan, cinta sesama dan menghargai pendapat orang lain. Jawaban siswa dituliskan di LP-3 (Sintaks 3) |
|
|
|
|
6 |
Satu kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kerjanya dengan penuh tanggung jawab, rasa percaya diri dan siswa lain di beri kesempatan untuk menanggapi dan memberi umpan balik dengan objektif. (Sintaks 4) |
|
|
|
|
7 |
Guru menginfentaris hasil diskusi kelas, mengelompokkan jawaban siswa dengan cara menuliskan jawaban siswa di papan tulis. Kerja
keras, tanggung jawab, kebebasan, kerja sama, kejujuran, berani
menyampaikan pendapat dan menanggapi pendapat orang lain. (Sintaks 5) |
|
|
|
|
8 |
Guru mengevaluasi hasil kerja siswa dan memberi penguatan terhadap kesimpulan yang telah dilakukan. (Sintaks 6) |
|
|
|
|
|
C |
Penutup (10 menit) |
|
|
|||
1 |
Guru membimbing siswa untuk menyimpulkan hasil menulis ringkasan informasi (Sintaks 6) |
|
|
|
|
|
2 |
Guru memberi waktu kepada siswa untuk bertanya. NK Mandiri (Sintaks 5) |
|
|
|
|
|
3 |
Guru meminta siswa berlatih meringkas wacana, untuk tugas siswa di rumah NK : tanggung jawab dan mandiri (Sintaks 5) |
|
|
|
|
|
Tugas : 1. Tugas Terstruktur : Melaksanakan proses Kegiatan (LKS-2 dan 3) 2. Tugas Tidak Terstruktur : Latihan meringkas wacana. ( Tugas siswa untuk diker- jakan di Rumah) |
|
|
|
|
||
VI. Alat / Bahan
- Komputer
- LCD
- CD rekaman berita
- Power Poin Membuat Ringkasan
- Power Poin Fakta dan Opini
- Lembar Penilaian
- Lembar hasil diskusi siswa
- internet
VII. Sumber Pembelajaran
Kosasi, E. 2007. Ringkasan Materi Bahasa Indonesia. Bandung: CV Yrama Widya
Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: SIC
Teeuw, A. 1982. Khazanah Sastra Indonesia. Jakarta: PN. Balai Pustaka.
——-. 1983. Membaca dan Menilai Sastra. Jakarta: PT. Gramedia
——-. 1984. Sastra dan Ilmu Sastra Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya
Tim Edukatif. 2006. Kompeten Berbahasa Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : Erlangga
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka
Wellek, R. dan Waren, A. 1993. Teori Kesusastraan. Diindonesiakan oleh Melani Budianta. Jakarta: Gramedia.
VIII. Penilaian
1. Teknik : Penilaian Produk (LP-01, LP-03)
Penilaian Kinerja (LP-01, LP-03)
Penilaian Afektif (LP-01, LP-03)
2.. Penilaian / Evaluasi
Jenis Penilaian : Tes lisan dan tertulis
Jenis Instrumen : Subjektif tes
2. Contoh Instrumen : LKS-1
a. Simak rekaman CD diskusi berikut!
b. Catat pokok-pokok informasi rekaman CD diskusi yang Anda simak!
c. Tuliskan ringkasan informasi yang Anda simak!
d. Diskusikan ringkasan informasi dengan kelompok Anda!
e. Presentasikan hasil tugas kelompok Anda!
- Rambu-rambu jawaban:
- Pedoman Penilaian (Rubrik / Pedoman Penskroran)
A. Afektif
Bubuhkan tanda (Ö) pada aspek yang dinilai !
No |
Nama |
Aspek yang dinilai |
Jumlah Skor |
|||||||||
Keaktifan Dlm Diskusi |
Menghargai Pendapat |
Kehadiran |
||||||||||
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
1 |
2 |
3 |
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1. tinggi 2. sedang 3. rendah
Bobot Nilai
Konversi Nilai
Rentang Bobot |
Nilai Afektif |
< 60 61 – 75 76 – 100 |
C B A |
B. Kognitif
Soal NO |
ASPEK YANG DINILAI |
DESKRIPTOR |
SKOR |
1 |
Ketepatan mengidentifikasi pokok-pokok informasi |
4: Jika identifikasi amat tepat 3: Jika identifikasi tepat 2: Jika identifikasi kurang tepat. 1: Jika identifikasi salah |
………….. |
2 |
Ketepatan menuliskan jalannya diskusi |
4: Jika penulisan ringkasan tepat 3: Jika penulisan ringkasan kurang tepat 2: Jika penulisan ringkasan banyak yang salah 1: Jika penulisan ringkasan salah |
…………. |
3 |
Ketepatan menuliskan notulen sesuai dengan aturan |
4: Jika penulisan notulen tepat 3: Jika penulisan notultn kurang tepat 2: Jika penulisan notulen banyak yang salah 1: Jika penulisan notulen salah |
…………. |
3 |
Penggunaan bahasa notultn |
4: Jika notulen menggunakan bahasa baku 3: Jika notulen menggunakan bahasa kurang baku 2: Jika notulen menggunakan bahasa tidak baku 1: Jika notulen siswa belum tuntas |
………….. |
4 |
Ketepatan menjawab pertanyaan bacaan |
4: Jika jawaban benar semua 3: Jika jawaban salah 1 2: Jika jawaban salah 2 1: Jika jawaban salah semua |
………. |
No |
Nama |
Jawaban |
Jumlah Skor |
||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Komen : |
0 komentar:
Posting Komentar